Pekon Tanjung Raya Tetapkan Program Kerja Tahun 2023, Ini Programnya

Pekon Tanjung Raya Tetapkan Program Kerja Tahun 2023, Ini Programnya

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID – Pemerintah Pekon Tanjungraya, kecamatan Sukau, kabupaten Lampung Barat melaksanakan musyawarah pekon dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) Pekon tahun 2023 mendatang di balai pekon setempat, Senin (31/10/2022).

Agenda rutin yang dilaksanakan setiap satu tahun sekali itu dihadiri Sekcam Sukau Galih Joko Purnomo, Peratin Tanjungraya Johan Sapri, Lembaga himpun pemekonan (LHP), pendamping lokal desa, seluruh kader, Babinsa, Bhabinkamtibmas serta para tokoh masyarakat dari setiap pemangku. 

Membuka kegiatan itu, Sekcam Sukau Galih mewakili Camat Sukau Andy Cahyadi menerangkan bahwa Musyawarah Penyusunan RKP Pekon ini merupakan tahapan dalam rangka merumuskan sekaligus menentukan arah kebijakan pemerintah pekon pada pengelolaan alokasi dana desa tahun 2023 mendatang dengan melakukan pemetaan berdasarkan kebutuhan masyarakat. 

“Sehingga aspirasi dan gagasan dari masyarakat sangat penting, untuk itu di forum musyawarah ini semua bisa menyampaikan aspirasinya untuk kemajuan pekon baik itu pada sektor Pembangunan, pemerintahan maupun pemberdayaan, pendidikan, kesehatan maupun di bidang lainnya. Jadi seluruh lapisan harus berpartisipasi aktif,” pesannya.

BACA JUGA:IPM Lambar Berada di Urutan 8 se-Lampung, Kemiskinan Mencapai 39.360 jiwa

Sementara itu, Peratin Tanjungraya Johan Safri menuturkan, Sebagaimana tujuan dari penyusunan RKP Pekon, pihaknya berharap agar masyarakat dapat mengetahui program kerja pekon serta bersama-sama mendukung pelaksanaannya di tahun 2023 mendatang.

“Aspirasi dan partisipasi dari seluruh elemen masyarakat sangat dibutuhkan sebagai acuan kami untuk menentukan program kerja, dari semua usulan yang disampaikan selanjutnya akan kita tentukan berdasarkan skala prioritas,” imbuhnya.

Berdasarkan hasil musyawarah itu, program kerja pemerintah pekon yang akan dilaksanakan di tahun 2023 mendatang meliputi bidang Pemberdayaan yakni Penyertaan modal Badan usaha milik pekon (BUMP) melalui usaha Kemitraan petani khususnya petani sayur, pengelolaan sampah dari hulu sampai hilir atau sampai ke tempat pembuangan akhir (TPA) mandiri serta pembinaan UMKM.

“Selanjutnya bidang pendidikan meliputi pembagian seragam gratis untuk siswa TK/PAUD serta Beasiswa untuk anak SD/SMA. Kemudian Bidang keagamaan melalui dukungan kegiatan PHBI, Forum Silaturahmi Antar TPA (FORSAT), pemberian insentif guru ngaji serta Insentif pengurus jenazah serta santunan kematian,” jelasnya.

BACA JUGA:Lamtim Gelar Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke 94

Kemudian, kata dia, bidang Pembinaan meliputi pawai budaya dan olahraga dalam rangka memeriahkan HUT RI serta HUT Lambar. Selain itu untuk program pembangunan meliputi pembangunan TPA, pembangunan jalan rabat beton, saluran drainase. 

“Terakhir untuk sektor kesehatan pihaknya akan melaksanakan Pemberdayaan Kader Pembangunan Manusia,” pungkasnya.(edi/mlo)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: