Miliki Koleksi 23.854 Eksemplar, Gedung Perpusda Waykanan Diresmikan

Miliki Koleksi 23.854 Eksemplar, Gedung Perpusda Waykanan Diresmikan

--

WAY KANAN, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Kepala Perpustakaan Pusat RI Muhammad Syarif Bando, Jum'at 28 Oktober 2022 lalu meresmikan Gedung Perpustakaan Daerah (Perpusda) Kabupaten Way Kanan yang terletak di Kelurahan Blambangan Umpu, Kecamatan Blambangan Umpu Way Kanan.

Gedung Perpusda Way Kanan yang diresmikan secara langsung oleh Kepala Perpustakaan Pusat RI Muhammad Syarif Bando tersebut berlantai 2, berdiri megah di antara gedung gedung lainnya, serta telah mempunyai fasilitas yang cukup lengkap.

"Saya mengucap Terimakasih kepada Pemda dan masyarakat yang ada di Kabupaten Way Kanan atas penyediaan fasilitas Gedung Perpustakaan, tiada lain dengan keberadaan perpustakaan ini diharapkan akan dapat membantu peningkatan SDM di Way Kanan,” ujar Muhammad Syarif Bando

Menurut Syarif, pembangunan dan peresmian pengoperasian Gedung perpustakaan tersebut merupakan penjabaran program dari bapak presiden Wakil presiden RI.

BACA JUGA:Aksi Jemput Paksa Wartawan, Ketua DPD PJS Sulut Minta Kapolda Copot Kapolres Tomohon

"Ini merupakan fasilitas pemberdayaan bersama dengan anak sekolah dan masyarakat masyarakat perlu edukasi dan kami dari nasional iiap bersinergi bahkan tadi juga kita sudah memberikan buku testimoni penerima manfaat, bagaimana diperintahkan oleh Bapak Presiden atas dampak untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi dari dampak pandemi covid-19," ujarnya, dan pihak Perpustakaan pusat juga akan memfasilitasi koleksi terbaru TIK 

"Pemerintah pusat akan memfasilitasi kegiatan anggaran seperti kegiatan kegiatan harian, misalkan pak bupati mengundang masyarakatnya nanti kita fasilitasi," tuturnya 

Pada kesempatan yang sama, Bupati Way Kanan Hi. Raden Adipati Surya, SH, MM, juga mengharapkan agar keberadaan Gedung Perpustakaan itu benar benar dapat menarik minat baca masyarakat Way Kanan yang pada akhirnya hal itu juga dapat meningkatkan SDM masyarakat Bumi Ramik Ragom Way Kanan Unggul dan Sejahtera.

"Mari kita berdayakan gedung ini dengan baik, kita perbanyak kegiatan dengan menggunakan gedung ini, sehingga akhirnya masyarakat akan menjadi tahu kalau kita telah memiliki gedung perpustakaan yang sangat bermanfaat bagi masyarakat, dan cita cita Masyarakat Way Kanan unggul dan Sejahtera dapat tercapai,” ujar Adipati Surya.

BACA JUGA:Tim Musikalisasi Puisi SMAN 1 Pringsewu Raih Juara Favorit di Tingkat Nasional

Dalam pada itu, pembangunan Gedung Perpustakaan Way Kanan tersebut setelah mendapatkan anggaran dari Perpustakaan Nasional (Perpusnas) melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) pusat senilai lebih dari Rp10 miliar, yang divangun tahun 2021 yang lalu. 

Sementara itu Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Way Kanan Drs. Hi. Juanda MM. menyatakan Perpustakaan tersebut mulai ditempati mulai Agustus tahun 2022.

“Pembangunan Gedung Perpustakaan ini merupakan bentuk dukungan Bapak Bupati Way Kanan untuk perkembangan dan gerakan literasi di Way Kanan, dan saat ini Perpustakaan daerah ini telah memiliki buku sebanyak 23.854 eksemplar dan sesuai dengan kemajuan teknologi digital maka perpusda Way Kanan juga telah memiliki perpustakaan digital (e-pustaka). sebanyak 800 ebook,” tegas Juanda.(sah/mlo)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: