Sarungan, Santri di Pesbar Ikuti Upacara Peringatan Hari Santri

Sarungan, Santri di Pesbar Ikuti Upacara Peringatan Hari Santri

--

PESBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Ratusan santri dari seluruh Pondok Pesantren (Ponpes) di Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) mengikuti upacara dalam rangka memperingati hari santri tahun 2022 yang dipusatkan di GSG Selalaw, Pekon Kampung Jawa Kecamatan Pesisir Tengah, Minggu (22/10).

Hadir dalam kegiatan itu Plt.Asisten III Setdakab Pesbar, Drs.Jon Edwar, M.Pd., Ketua PCNU Pesbar Auza'ie Alwi, kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Pesbar, Edwin Kastolani Burtha, S.H, M.H., Unsur Forkopimda, pengasuh Pondok Pesantren serta pihak terkait lainnya.

Bupati Pesbar Dr.Drs. Agus Istiqlal, S.H, M.H., dalam sambutannya yang dibacakan Plt.Asisten III Setdakab setempat, Jon Edwar, mengatakan bahwa Presiden Joko Widodo melalui Keputusan Presiden No.22/2015 telah menetapkan tanggal 22 Oktober sebagai hari santri. 

Penetapan 22 Oktober merujuk pada tercetusnya "Resolusi Jihad" yang berisi fatwa kewajiban berjihad demi mempertahankan kemerdekaan indonesia. Resolusi jihad ini kemudian melahirkan peristiwa heroik tanggal 10 November 1945 yang kita peringati sebagai hari Pahlawan.

BACA JUGA:Parosil Jadi Inspektur Upacara Hari Santri Nasional di Taman Kota Liwa

"Sejak ditetapkan pada tahun 2015, kita setiap tahunnya selalu rutin menyelenggarakan peringatan hari santri dengan tema yang berbeda," katanya.

Lanjutnya, untuk tahun 2022 ini, peringatan hari santri mengangkat tema ‘‘Berdaya menjaga martabat kemanusiaan’’. 

Maksud tema berdaya menjaga martabat kemanusiaan adalah bahwa santri dalam kesejarahannya selalu terlibat aktif dalam setiap fase perjalanan indonesia. ketika indonesia memanggil, santri tidak pernah mengatakan tidak. santri dengan berbagai latar belakangnya siap sedia mendarmabaktikan hidupnya untuk bangsa dan negara. 

"Kami atas nama Pemerintah Kabupaten Pesbar patut menyampaikan terimakasih juga kepada seluruh elemen masyarakat yang sedang merayakan peringatan hari santri tahun 2022," pungkasnya.

Diketahui, dalam pelaksanaan upacara peringatan hari santri dimana semua peserta dengan mengenakan sarung itu juga sekaligus menggelar sholawat bersama hingga ceramah agama dan juga kegiatan lainnya.(yan/mlo)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: