Siaga Bencana, Kapolres Pringsewu Pastikan Kesiapan Seluruh Unsur

Siaga Bencana, Kapolres Pringsewu Pastikan Kesiapan Seluruh Unsur

--

PRINGSEWU, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Aparat Kepolisian, Anggota TNI, BPBD serta unsur terkait lainnya disiagakan menyikapi bencana alam yang mungkin saja terjadi sewaktu waktu di Pringsewu.

"Bencana alam dapat terjadi kapan saja dan dimana saja. Sebagai langkah antisipasi perlu kesiapan dari seluruh unsur, mulai dari pemerintah, jajaran TNI-Polri, BPBD serta stakeholder lainya," ungkap Kapolres Pringsewu AKBP Rio Cahyowidi.

"Kita semua harus benar-benar memastikan kesiapsiagaan satuan tugas, kesiapan peralatan, ketersedian bahan pangan serta kebutuhan yang diperlukan dalam mengantisipasi terjadinya bencana," tambahnya.

Terlebih di Kabupaten Pringsewu sendiri diketahui rawan terjadinya bencana seperti banjir, angin puting beliung dan tanah longsor. 

BACA JUGA:Parosil Lakukan Peletakan Batu Pertama Masjid Al-Kautsar dan Resmikan TPA

Hal ini seperti peringatan yang disampaikan BMKG bahwa curah hujan tinggi terjadi di beberapa wilayah Indonesia sejak awal Oktober 2022 ini. 

Untuk wilayah Sumatera diprediksi curah hujan dengan kategori menengah.

Ditambahkan Kepala Pelaksana BPBD Pringsewu Edi Sumber Pamungkas, berdasarkan pengalaman tahun sebelumya, di Kabupaten Pringsewu telah terjadi beberapa kali bencana alam. Bencana banjir terjadi di wilayah Kecamatan Pardasuka dan bencana angin puting beliung di diwilayah Kecamatan Adiluwih.

"Dalam menghadapi kemungkinan datangnya bencana tersebut telah menyiapkan sarana dan prasarana dan juga personel," ungkapnya. 

BACA JUGA:Kapolresta Bandarlampung Pimpin Apel Kesiapsiagaan Bencana Alam

Untuk diketahui, Polres Pringsewu menggelar apel siaga dan gelar peralatan dalam rangka kesiapsiagaan menghadapi ancaman bencana di wilayah Kabupaten Pringsewu, Senin 10 Oktober 2022 Bertempat di Mapolres setempat.

Peserta apel terdiri dari Anggota Polri, TNI Satpol PP, BPBD, Damkar, Dishub, Tagana, Relawan Ormas serta pihak terkait lainnya. 

Usai apel Kapolres AKBP Rio Cahyowidi melakukan peninjauan langsung sarana dan prasarana penunjang penanganan bencana yang dimiliki oleh jajaran kepolisian dan Pemerintah Kabupaten Pringsewu.(sag/mlo)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: