Pj Bupati Pringsewu Launching Aplikasi EMAK untuk Pengelolaan DTKS

Pj Bupati Pringsewu Launching Aplikasi EMAK untuk Pengelolaan DTKS

Dinsos Pringsewu ber kolaborasi dengan UAP luncurkan Aplikasi Emak - foto dok--

PRINGSEWU, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Dinas Sosial Kabupaten Pringsewu salah satunya mengandalkan Emak untuk pengelolaan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Tapi jangan salah, Emak yang dimaksud yakni aplikasi Elektronik Maksimum Komplain (EMAK).

Penggunaan aplikasi tersebut sebagai langkah Pemerintah Daerah Kabupaten Pringsewu melalui Dinas Sosial untuk meningkatkan pelayanan publik.

Penjabat Bupati Pringsewu Adi Erlansyah diwakili Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Purhadi, S.Sos., M. Kes menghadiri dan membuka acara sosialisasi Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dan peluncuran perdana aplikasi EMAK Kabupaten Pringsewu Tahun 2022, di aula utama Bupati Pringsewu, Rabu (5/10).

BACA JUGA:Arinal Ajak Paguyuban Dubes RI Bersinergi Buka Peluang Investasi

Sesuai Undang-Undang (UU) No.13/2011 tentang Penanganan Fakir Miskin,menurutnya pemerintah daerah kabupaten/kota bertanggung jawab melakukan pemutakhiran melalui kegiatan verifikasi dan validasi (verval) data terpadu secara berkala. 

Data terpadu berperan penting dalam upaya percepatan penanganan kemiskinan. Data ini merupakan instrumen utama yang digunakan untuk menentukan sasaran berbagai program perlindungan sosial, khususnya penerima manfaat bansos.

"Untuk mendukung upaya percepatan tersebut, data terpadu harus selalu termutakhirkan dengan baik dan valid agar perannya sebagai sumber data dapat diandalkan," ungkap Purhadi mewakili Pj Bupati.

Penjabat Bupati Pringsewu Adi Erlansyah yang diwakili Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Purhadi, S.Sos., M.Kes., juga menyerahkan piagam penghargaan kepada Aisyah University terkait aplikasi Elektronik Maksimum Komplain (EMAK), yang diterima oleh Ketua ICT dan Pusat Data Dr. (Can) Zulkifli, S.T., M.Kom.

BACA JUGA:Wagub Nunik Buka Rakerwil DPW LASQI dan Festival Seni, Qasidah Tingkat Provinsi Lampung

Penghargaan tersebut diberikan kepada Aisyah University oleh Penjabat Bupati Pringsewu atas dedikasi, loyalitas, kerja sama, kepedulian selama ini dan semangat untuk terus membangun dan memajukan bersama Kabupaten Pringsewu.

Sementara Kadis Sosial Kabupaten Pringsewu Dra. Titik Puji Lestari mengatakan aplikasi EMAK dipergunakan mempercepat dan meningkatkan pelayanan pengaduan Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS) Pemerintah Kabupaten Pringsewu.

Dikatakannya adanya aplikasi EMAK selain praktis juga menghemat waktu karena masyarakat dapat melaporkan kejadian secara langsung dan real time serta tidak harus bertatap muka.

"Selain murah karena bisa diakses via ponsel maupun laptop dimana saja dan kapan saja, serta respons yang lebih cepat, penanggungjawab laporan juga jelas serta dapat langsung ditangani dalam hitungan hari," tandasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: