Pemprov Lampung Gelar Rakor Peningkatan Daya Saing UMKM Untuk Menopang Perekonomian Daerah

Pemprov Lampung Gelar Rakor Peningkatan Daya Saing UMKM Untuk Menopang Perekonomian Daerah

--

MEDIALAMPUNG.CO.ID - Gelar Rapat Koordinasi (Rakor) Pengembangan Sentra Industri Kecil dan Menengah Kabupaten/Kota se-Provinsi Lampung di Hotel Horison Lampung, Gubernur Arinal Djunaidi mengajak Pemerintah Kabupaten/Kota bersinergi meningkatkan daya saing UMKM dan memperluas penyerapan tenaga kerja agar dapat menopang perekonomian daerah. 

Hal tersebut disampaikan oleh Staf Ahli Gubernur bidang Ekonomi Keuangan dan Pembangunan Zainal Abidin, Selasa (27/9).

"Melalui Sentra Industri Kecil dan Menengah ini menjadi peluang dalam membuka kesempatan kerja bagi penduduknya, serta dapat memajukan daerahnya melalui produk-produk unggulan daerah yang dihasilkan," kata Zainal. 

Lanjutnya, peningkatan daya saing industri merupakan salah satu pilihan yang harus dilakukan agar produk industri daerah mampu bersaing di dalam negeri maupun luar negeri. 

BACA JUGA:Satpol PP Lambar Tertibkan Pedagang Musiman

"Yakni terciptanya iklim usaha yang kondusif, efisiensi, kepastian hukum, dan pemberian fasilitas fiskal serta kemudahan-kemudahan lain dalam kegiatan usaha industri, yang antara lain dengan tersedianya lokasi industri yang memadai seperti Wilayah Sentra bagi industri kecil dan menengah," terangnya. 

Berdasarkan data dari Kabupaten/Kota, terdapat 73 Sentra Industri Kecil Menengah yang sudah terbentuk. 

Dari jumlah tersebut, 54 sentra sudah ditetapkan melalui Surat Keputusan Bupati/Walikota. 

Melalui Rakor tersebut ia berharap berkembangnya Pembangunan Sentra Industri Kecil dan Menengah di Kabupaten/Kota serta meningkatkan kelembagaan Sentra industri kecil dan menengah yang kuat dan berkelanjutan juga dapat meningkatkan perekonomian daerah umumnya melalui Sentra Industri Kecil dan Menengah. 

BACA JUGA:Kepergok Curi Motor, Dua Pemuda Babak Belur Dihajar Massa

"Mari bangkitkan IKM, ekonomi maju Lampung Berjaya," ajaknya. 

Sementara itu, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Lampung Elvira Umihanni mengatakan melalui Rakor ini akan dapat menggali potensi sumberdaya masing-masing Kabupaten/Kota khususnya di bidang industri 

Kemudian meningkatkan daya saing UMKM, meningkatkan pendapatan masyarakat dan penyerapan tenaga kerja. 

"Rakor ini sekaligus untuk memberikan wawasan dan pengetahuan dalam mengembangkan sentra IKM di wilayah Kabupaten/Kota, menginventarisir permasalahan dan hambatan yang terkait dengan pengembangan IKM Kabupaten/Kota," pungkasnya (ded/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: