ADP Tahap II di Lambar Terserap 100 Persen

ADP Tahap II di Lambar Terserap 100 Persen

Kepala BPKD Lambar Ir. Okmal, M.Si--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID – Alokasi dana pekon (ADP) tahap II di Kabupaten Lambar sebesar Rp21,347 miliar telah terserap 100%.

Itu artinya pekon mulai siap-siap untuk mengajukan pencairan ADP tahap III sebesar 20%.

“Dana ADP tahap II untuk 131 pekon telah cair 100%,” ungkap Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Ir. Okmal, M.Si, Selasa (27/9/2022)

Okmal memaparkan, pemerintah daerah tahun ini kembali menganggarkan ADP sebesar Rp53 miliar dan pencairannya dilakukan tiga tahap yaitu tahap I sebesar 40%, tahap II 40% dan tahap III 20%. 

BACA JUGA:8 Peserta Seleksi JPTP Lambar Ikuti Uji Kompetensi

Adapun kegunaan ADP antara lain untuk pembayaran penghasilan tetap (Siltap) peratin dan perangkat pekon, tunjangan Lembaga Himpunan Pekon (LHP), operasional LHP dan operasional pemerintah pekon.

“Untuk ADP tahap III, kita masih menunggu rekomendasi dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pekon (DPMP). Kalau nanti rekomendasinya sudah kita terima maka akan kita proses untuk dilakukan pencairan,” kata dia. 

Lanjut dia, 131 pekon yang telah mencairkan ADP tahap II antara lain yaitu Pekon Kubuperahu, Pekon Sebarus, Pekon Waypetai, Pekon Puramekar, Pekon Mekarjaya, Pekon Sindangpagar, Pekon Bumi Hantatai, Pekon Tanjungsari, Pekon Srimulyo, Pekon Suoh, Pekon Negeri Jaya, Pekon Argo Mulyo, Pekon Luas, Pekon Sukadamai, dan Pekon Campang Tiga 

Kemudian Pekon Sumberrejo, Pekon Bunynyerupa, Pekon Jagaraga, Pekon Ciptawaras, Pekon Trimulyo, Pekon Sumberalam, Pekon Gunungterang, Pekon Rigisjaya serta Pekon Sri Menanti. 

“Selain ADP, 131 pekon di Lampung Barat juga mendapatkan kucuran dana desa dari pemerintah pusat,” pungkas dia. (lus/mlo)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: