KPU Way Kanan Gelar Rakor PDPB Triwulan III

KPU Way Kanan Gelar Rakor PDPB Triwulan III

--

WAY KANAN, MEDIALAMPUNG.CO.ID - KPU Way Kanan hari ini kembali melakukan Rapat Koordinasi Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan (PDPB) Triwulan III periode bulan September 2022. 

Pada rakor yang digelar di aula KPU Way Kanan dan dipimpin langsung oleh Ketua KPU Way Kanan Refki Dharmawan, S.H, tersebut, nampak hadir Kadiv Datin I Gede Klipz Darmaja, S.Ag, M.Pd.H, Kadiv Hukum Doan Endedi, S.H,Kadiv Parmas Tri Sudarto,S.Pd, Kadiv Teknis Nofrisyah Harianto,S.Pd, Sekretaris M.Arifin, S.Sos beserta Kasubbag, Partai Politik, Ketua Bawaslu Way Kanan Yessi Karnaisyah, Sekretaris Dukcapil Syahrul Munir, Camat Blambangan Umpu diwakili oleh Gajah Tera, perwakilan Polres Aipda Apriadi dan perwakilan Kodim Pelda Hambali. 

Menurut Refki bahwa Rapat Koordinasi PDPB itu memang dilaksanakan secara rutin untuk setiap  triwulan dengan mengundang stakeholder.

“Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan Triwulan III periode bulan september, ini merupakan Rakor terakhir untuk PDPB dan selanjutnya akan memasuki pemutakhiran Data Pemilu 2024, karena ketika sudah memasuki pemutakhiran data pemilu, nanti akan ada beberapa perubahan terutama proyeksi pemetaan TPS dan saat ini juga KPU sedang menghadapi Tahapan Verifikasi perbaikan administrasi Parpol calon peserta pemilu tahun 2024, sesuai jadwal dari 12 September s/d 12 Oktober 2022, dan KPU selalu membuka ruang kepada Parpol melalui Helpdesk  untuk melakukan konsultasi,” tegas Refki.

BACA JUGA:Kompor 450

Sementara I Gede Klipz Darmaja, Ketua Divisi Data dan Informasi KPU Way Kanan mengatakan bahwa PDPB  triwulan III momentum terakhir di periode ini, di tahun 2021 pasca Pilkada KPU melaksanakan amanah Undang-undang No.7/2017, ketika tidak ada tahapan maka KPU Wajib melakukan Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan.

Pada Kesempatan yang sama, Sairul Sidiq, SH, Anggota DPRD Way Kanan dari partai PKB  mengapresiasi kinerja KPU Way Kanan, dimana  Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan ini merupakan salah satu cara meminimalisir kecurangan terutama di data pemilih di tahun 2024  yang akan datang serta dapat menyajikan data yang akurat dan akuntabel.

Sementara Sekretaris Partai Ummat Way Kanan, Mat Sahri mengatakan perlu adanya pendataan pemilih  pemula, hal itu menjadi penting karena pemuda berpartisipasi dalam demokrasi. Salah satunya yaitu dengan ikut meramaikan pemilihan umum dan dapat menyalurkan hak pilih pada pemilu 14 februari 2024 mendatang.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Bawaslu Way Kanan Yesi Karnaisyah. SH bahwa Bawaslu mencatat masih adanya pencatutan warga sebagai anggota partai politik, untuk itu Bawaslu dan KPU  telah membuka help desk pengaduan masyarakat terhadap namanya yang tercatut di parpol.

BACA JUGA:Siapa Membunuh Putri (16) - Teror di Radio

“Kami juga berharap agar parpol juga membuat helpdesk pengaduan, agar warga tidak merasa dirugikan,” tegas Yesi 

Dalam pada itu, hasil PDPB Triwulan III Periode September 2022,  ditetapkan sebanyak 319.361 dari 227 kampung dan 991  TPS yang ada di Kabupaten Way Kanan.(sah/mlo)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: