KemenPAN-RB Evaluasi SAKIP dan RB Pemkab Lambar

KemenPAN-RB Evaluasi SAKIP dan RB Pemkab Lambar

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID -  Bupati Lampung Barat Hi. Parosil Mabsus menghadiri acara pelaksanaan evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) dan Reformasi Birokrasi (RB) Tahun 2022 di Aula Kagungan Setdakab, Selasa (6/9/2022). 

Acara yang dilakukan secara Zoom Meeting/Video Conference (Vicon) yang turut dihadiri oleh Asisten Deputi Koordinasi Pelaksanaan Kebijakan dan Evaluasi Reformasi Birokrasi Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan II, Budi Prawira, Tim Evaluator Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia (KemenPAN-RB) Gempar Ganefianto, Arif Budiawan, dan Nilawati. Kemudian Sekretaris Daerah Kabupaten Lampung Barat Drs. Nukman, M.M, Asisten, Staf Ahli Bupati dan seluruh Kepala Perangkat Daerah.

Pada kesempatan itu, Parosil menyampaikan terimakasih kepada Tim Evaluator KemenPAN-RB yang telah memberikan kesempatan kepada Pemerintah Kabupaten Lampung Barat dalam melaksanakan evaluasi SAKIP melalui Zoom Meeting. 

"Hal tersebut tentu saja menjadi bukti kuat keseriusan Pemkab Lampung Barat demi pencapaian terbaik dalam penilaian SAKIP dan Reformasi Birokrasi, ini juga menjadi komitmen Pemkab Lampung dalam upaya perbaikan manajemen kinerja dan pelaksanaan reformasi birokrasi yang berkelanjutan," ungkap Parosil. 

BACA JUGA:Ongkos Travel Krui-Bandar Lampung Naik Jadi Rp150 Ribu

Parosil mengatakan, jika dilihat dari hasil penilaian SAKIP dan Reformasi Birokrasi dari tahun 2017-2021 cenderung mengalami peningkatan nilai. Walaupun sampai saat ini belum menunjukan prestasi yang memuaskan.  

“Hasil dari penilaian SAKIP dan Reformasi Birokrasi ini menjadi barometer bagi kami untuk memperbaiki kinerja dan pelaksanaan Reformasi Birokrasi yang berkelanjutan,” kata Parosil.

Ia senantiasa memberikan penekanan kepada seluruh Perangkat Daerah untuk serius dan bersungguh-sungguh guna mengimplementasikan SAKIP dan Reformasi Birokrasi ini sebagai media untuk meningkatkan kinerja Perangkat Daerah antara program dan kegiatan pembangunan yang dilaksanakan oleh Pemkab Lampung Barat sehingga berjalan dengan efektif dan efisien. 

Sebagaimana tujuan dari misi keempat Bupati dan Wakil Bupati terpilih yaitu meningkatkan tata kelola pemerintahan yang profesional dan amanah dengan berorientasi pada pelayanan publik.

BACA JUGA:Mulai Besok, Pansel Buka Pendaftaran Seleksi Terbuka JPTP

"Untuk mencapai target tersebut, hal-hal yang kurang dari evaluasi sebelumnya kami berupaya untuk dilengkapi dan disempurnakan serta akan kami sampaikan. Kami sadar bahwa upaya untuk membangun SAKIP dan Reformasi Birokrasi yang berkelanjutan ini dibutuhkan komitmen yang kuat dari seluruh Perangkat Daerah serta adanya dukungan yang kuat dari lembaga legislatif sebagai perwujudan dari rakyat," tambahnya. 

Menurut Parosil, dalam membangun Sistem Akuntabilitas Kinerja adalah membangun keselarasan antara perencanaan, pelaksanaan pembangunan, pelaporan kinerja dan evaluasi yang efektif dalam mewujudkan Reformasi Birokrasi yang akuntabel, Birokrasi yang Kapabel dan Pelayanan Publik yang Prima.

 

"Saya berharap semoga hasil yang dicapai nantinya akan menjadi hasil yang terbaik untuk kita semua dan untuk kemajuan Kabupaten Lampung Barat," pungkasnya. (lus/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: