Sedampah Siap Dukung Pencegahan dan Penanganan Stunting

Sedampah Siap Dukung Pencegahan dan Penanganan Stunting

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID – Pemerintah Pekon Sedampahindah, Kecamatan Balikbukit, Kabupaten Lampung Barat menggelar kegiatan rembug stunting bersama stakeholder mulai dari pihak puskesmas, tenaga pendamping desa, bidan desa dan para kader kesehatan serta unsur Polri  yang digelar di Balai pekon setempat, Rabu (27/9/2022).

Peratin Sedampahindah Yundri Syahputra menyampaikan bahwa rembug stunting merupakan bagian dari proses untuk menentukan langkah-langkah strategis yang dapat dilakukan untuk menekan angka penderita stunting di wilayah tersebut

“Kegiatan ini adalah upaya bersama untuk menentukan kegiatan pencegahan dan penurunan stunting yang dilakukan secara bersama-sama stakeholder baik itu pemerintah maupun lembaga non-pemerintah dan masyarakat,” ujarnya.

Pihaknya menyadari bahwa ada beberapa faktor penyebab stunting diantaranya yakni rendahnya asupan gizi dan status kesehatan, akses terhadap pangan bergizi, praktik pemberian makanan pada bayi dan anak, akses terhadap pelayanan kesehatan dalam akses terhadap kesehatan lingkungan seperti tersedianya air bersih dan sanitasi.

BACA JUGA:Salurkan BLT-DD Triwulan lll Umar Suki Ajak Manfaatkan Bantuan Tepat Guna

“Jadi tadi sudah disampaikan pihak puskesmas terkait faktor-faktor penyebab stunting tersebut, dan  melalui rembuk stunting kami dari pemerintah pekon siap melaksanakan upaya-upaya pencegahan maupun penanganan dengan mengoptimalkan alokasi dana desa tahun 2023 mendatang,” jelasnya. 

 

Disisi lain, Yundri juga berharap upaya itu mendapat dukungan dari seluruh lapisan masyarakat dan pendampingan dari stakeholder dalam upaya pencegahan dan penanganan tersebut.(edi/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: