Dinsos Lambar Gelar Pelatihan Verivali DTKS dan PMKS

Dinsos Lambar Gelar Pelatihan Verivali DTKS dan PMKS

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Barat melalui Dinas Sosial (Dinsos), menggelar Sosialisasi dan Pelatihan Verifikasi dan Validasi Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dan Pendataan Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) tahun 2022, bertempat di Aula Kagungan Sekretariat Pemkab Lambar, Kamis (1/9/2022).

Kegiatan tersebut dibuka Sekretaris Dinsos Lambar Agustina Handayani dan turut dihadiri sejumlah kepala perangkat daerah, lurah dan 287 peserta sosialisasi yang terdiri dari 136 pratin 136 operator Siks-NG pekon serta 15 orang tenaga sosial kecamatan. 

Sosialisasi ini menghadirkan pemateri dari Bappeda (Badan Perencanaan Pembangunan Daerah), Dinas pemberdayaan masyarakat dan pekon, Dinas sosial (Dinsos) dan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo).

Sekretaris Dinsos Lambar Agustina Handayani mengungkapkan, materi sosialisasi antara lain prioritas penggunaan dana desa dalam rangka penanggulangan kemiskinan untuk mewujudkan desa tanpa kemiskinan dan penganggaran dana desa dalam rangka pelaksanaan perpa di TKS guna mendukung penanggulangan kemiskinan ekstrim dan pencegahan stunting untuk menunjukkan desa sehat dan sejahtera. 

BACA JUGA:88 KPM Pekon Tanjungraya Kembali Terima BLT-DD Untuk Triwulan Tiga

Tujuan dilakukannya kegiatan tersebut, untuk mensosialisasikan Permendes Nomor 7 Tahun 2021 tentang penggunaan dana desa dan Permensos Republik Indonesia (RI) Nomor 15 tentang sistem layanan rujukan terpadu untuk penanganan fakir miskin dan orang tidak mampu. 

"Diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan kemampuan mengoperasionalkan cara kerja Sistem Informasi Kesejahteraan Sosial Next Generation (SIKS-NG)," ungkapnya. 

Terusnya, data terpadu kesejahteraan sosial dan pendataan penyandang masalah Kesejahteraan Sosial merupakan data satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan karena di dalam DTKS terdapat seluruh data PMKS. 

"Kegiatan ini selain sebagai forum untuk saling bertukar informasi, tetapi juga sebagai media koordinasi terkait teknis pendataan dan pengelolaan data kemiskinan sebagai acuan bagi perencanaan pembangunan," ujarnya.

BACA JUGA:Camat Bambang Pimpin Penyaluran BLT-DD Triwulan Tiga di Sinarjaya dan Gunungterang

Lebih lanjut Agustina mengatakan,  DTKS memiliki arti yang sangat penting untuk menuntaskan permasalahan kemiskinan di tengah masyarakat Kabupaten Lampung Barat. 

Dengan dilaksanakan kegiatan ini, ia berharap semua peserta mendapatkan penjelasan teknis mengenai pendataan, verifikasi, dan validasi data melalui SIKS-NG yang telah dikembangkan oleh Pusdatin Kemensos RI. (nop/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: