Longsor Timbun Jalan Penghubung Ulubelu Tanggamus-Lambar

Longsor Timbun Jalan Penghubung Ulubelu Tanggamus-Lambar

--

TANGGAMUS, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Material tanah longsor menutupi badan jalan provinsi yang menghubungkan Kecamatan Ulubelu Kabupaten Tanggamus dengan Kabupaten Lampung Barat, Senin 29 Agustus 2022 sekitar Pukul 17.00 WIB. 

Ada dua titik longsor berada di Pekon Muara dua yang mengakibatkan badan jalan provinsi tertutup material tanah, bebatuan dan pohon tumbang. 

“Hingga malam ini akses jalan provinsi tersebut masih belum bisa dilalui oleh kendaraan. Kendaraan bermotor yang ingin melintas hanya bisa melalui jalan alternatif,” terang camat Ulubelu, Mahidin sekitar Pukul 20.45 WIB. 

"Untuk sementara waktu kendaraan yang melintas, dialihkan melalui jalan alternatif," terangnya. 

 

Mahidin juga mengatakan, pihaknya telah melakukan koordinasi dengan TNI/Polri dan PT. PGE. Langkah awal ini, untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. Adalah dengan menutup sementara akses jalan yang tertimbun material longsor.

"Besok rencananya kita akan melakukan pembersihan material longsor, dan sudah kita koordinasikan, jalan ditutup karena ada dua titik yang longsor, panjang jalan yang tertimbun sekitar 20 meter dengan ketinggian material menutup badan jalan mencapai satu hingga setengah meter," kata Mahidin.

Longsor menurut camat, terjadi akibat intensitas hujan yang cukup tinggi. Ia juga mengimbau kepada masyarakat agar senantiasa waspada terlebih pada saat musim penghujan seperti saat ini.

Terpisah Kepala BPBD kabupaten Tanggamus, Ediyan M Toha ketika dikonfirmasi mengatakan, Terkait penanganan longsor, hasil koordinasi, sudah ada kesepakatan dengan pihak PGE besok pagi mereka akan menurunkan alat berat untuk membersihkan material longsor. 

“BPBD akan memantau pelaksanaannya, jika Alat berat yang diturunkan kurang, maka BPBD juga akan menurunkan alat berat,” terang Ediyan M Tohah. (ehl/mlo)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: