10 Pekon Ikuti Pembinaan-Evaluasi Penyusunan RKP Pekon

10 Pekon Ikuti Pembinaan-Evaluasi Penyusunan RKP Pekon

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Sebanyak 10 Pekon di Kecamatan Balikbukit, Kabupaten Lampung Barat mengikuti pembinaan dan evaluasi terkait penyusunan rencana kerja pemerintah (RKP) Pekon tahun 2023 yang digelar Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pekon (DPMP) bersama Pemerintah Kecamatan Balikbukit di Aula Kantor Kecamatan Balikbukit, Kamis (25/8/2022).

Kegiatan tersebut dihadiri Kepala DPMP Drs. Syaekudin beserta para Kabid, Camat Balikbukit M Yones, S.STP, M.H, tenaga pendamping kecamatan, para peratin serta perwakilan aparatur di 10 pekon.

Membuka kegiatan itu M. Yones berpesan agar dalam penyusunan RKP Pekon dapat dilaksanakan dengan baik dan sesuai aturan yang berlaku.

Ia menyebut penyusunan RKP Pekon, dilaksanakan sesuai Peraturan Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Permendes PDTT).

BACA JUGA:Wakili Bupati, Camat Sukau Serahkan Bantuan kepada Korban Puting Beliung

“Terkait dengan penyusunan RKP, dimulai dari pembentukan tim penyusun RKP Pekon dilanjutkan dengan pencermatan dan penyelarasan rencana kegiatan dan pembiayaan pembangunan desa, penyusunan rancangan, dan daftar usulan, Musrenbang Pekon pembahasan rancangan RKP Pekon, hingga pengesahan RKP Pekon,” jelasnya. 

Untuk itu, Yones berpesan agar pemerintah pekon melakukan pemerataan skala prioritas pembangunan untuk kesejahteraan masyarakat sehingga tidak hanya fokus pada infrastruktur saja akan tetapi program non infrastruktur seperti pemberdayaan serta pembinaan dapat diprioritaskan.

“Selain itu perlu ada sinkronisasi atau istilahnya menyatukan perencanaan baik kaitannya dengan perencanaan pembangunan pekon maupun yang di kabupaten,” ujarnya.

 

Ia menambahkan bahwa sinkronisasi ini perlu dilakukan mengingat kecamatan maupun pekon adalah bagian dari kabupaten, target kinerja kecamatan maupun pekon juga merupakan bagian dari pencapaian kinerja kabupaten seperti halnya yang masih menjadi persoalan kabupaten seperti masalah stunting maka ini harus diatasi secara bersama-sama. (edi/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: