Baznas Lambar Rancang Lima Program Unggulan

Baznas Lambar Rancang Lima Program Unggulan

Ketua Baznas Lambar Abdul Rosid--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Lampung Barat, tengah merancang lima program unggulan yang diharapkan mampu membantu kemaslahatan umat.

Lima program unggulan tersebut terbagi dalam beberapa bidang diantaranya bidang pendidikan, kesejahteraan rakyat, kesehatan dan keagamaan yang bersentuhan langsung kepada masyarakat.

"Diantaranya Baznas Lambar Sehat, Baznas Lambar Sejahtera, Baznas Lambar Sehat, Baznas Lambar Taqwa dan Baznas Lambar Taqwa," ungkap Ketua Baznas Lambar Abdul Rosid, Kamis (25/8/2022).

Menurutnya, tujuan utama diciptakannya program tersebut Rosid menyampaikan untuk mengatasi persoalan kemiskinan serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang juga menjadi fokus Pemkab Lambar saat ini yaitu penurunan angka kemiskinan ekstrem.

BACA JUGA:9.251 Warga Lambar Belum Rekam KTP-el

"Pertama tentu masalah kemiskinan karena yang kita tahu bahwa angka kemiskinan di Lambar pada tahun 2021 terjadi kenaikan, sehingga bagaimana agar kita membantu pemerintah mengentaskan angka kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Lambar," ujarnya.

Dijelaskan, dalam bidang pendidikan Baznas memberikan beasiswa kepada siswa yang kurang mampu dan berprestasi untuk jenjang Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kabupaten yang berjuluk negeri di atas awan tersebut.

Selain itu, kata dia, pemberian modal usaha pada Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang tidak ataupun kekurangan modal dan saat ini pihaknya sedang melakukan pendataan terhadap pelaku UMKM yang memang layak untuk diberikan bantuan tersebut.

"Kemudian kita juga akan memberikan bantuan bagi rumah tidak layak huni (RTLH) kepada masyarakat yang kurang mampu sebagai bentuk kepedulian Baznas terhadap mereka yang memang belum memiliki rumah yang layak," jelasnya.

BACA JUGA:Parosil Serahkan Cinderamata Hasil Kreativitas Warga Lambar Kepada Puan Maharani

Selain itu bantuan bagi masyarakat yang terdampak bencana pihaknya pun telah menyiapkan bantuan, namun penyaluran nya tetap akan berkoordinasi dengan pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) sebagai instansi terkait.

Dalam bidang kesehatan pihaknya juga menyiapkan program pembiayaan kesehatan bagi masyarakat namun mekanismenya harus menyampaikan pengajuan dahulu ke Baznas untuk proses validasi.

"Kemudian dalam bidang keagamaan tentunya kita ingin membangun karakter keagamaan bagi masyarakat untuk lebih memahami agama islam pihaknya juga siap membantu para mualaf yang ingin mendalami ajaran islam," 

Dalam merealisasikan program tersebut pihaknya juga melakukan pembinaan terhadap penerima bantuan (Mustahiq) agar kemudian bisa menjadi pemberi bantuan (Muzakki) agar para mustahiq terbiasa dalam memberikan infaq dan shodaqoh kepada masyarakat yang kurang mampu.

"Seluruh program-program tersebut sudah disetujui dalam rapat kerja anggaran (RKA) tahun 2022 dan akan kita realisasikan semaksimal mungkin dalam membantu masyarakat," pungkasnya. (nop/mlo)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: