Camat Patoni Ajak Santri Terapkan PHBS

Camat Patoni Ajak Santri Terapkan PHBS

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Camat Pagardewa, Kabupaten Lampung Barat Mat Patoni, S.Sos., M.Si., menghadiri sosialisasi penyakit menular dan tidak menular oleh Dinas Kesehatan (Diskes) Lambar dan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas di pondok pesantren (Ponpes) Al Munawaroh II Pekon Basungan, Senin (22/8).

Sosialisasi tersebut dilaksanakan dalam rangka mengenalkan tentang bahaya penyakit dan upaya pencegahan kepada santri pondok pesantren setempat.

Kegiatan juga berupa skrining kesehatan remaja usia 15 tahun keatas sekaligus pemeriksaan kesehatan bagi anak-anak yang mengalami sakit seperti halnya yang batuk lebih dari satu minggu maka diperlukan pemeriksaan dahak.

Dalam sambutannya kepada anak-anak ponpes Mat Patoni menegaskan untuk menjadi orang sukses dalam arti kata sukses bidang pendidikan karir maupun di bidang aqidah tentu dibutuhkan badan yang sehat karena itu anak-anak diajaknya harus mengutamakan kesehatan agar dalam meraih apa yang menjadi cita-cita tidak terhambat karena sakit. 

BACA JUGA:Kapolres Lampura Lepas 7 Personel Purnabakti

"Hidup sehat sangatlah penting bagi kehidupan kita karena itu ayo terapkan hidup sehat melalui perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS)," ajaknya.

Sementara dikatakan Kepala Puskesmas Pagardewa Desmalia S.St., salah satu tujuan dilakukan sosialisasi kepada santri pondok pesantren maupun sekolahan agar anak-anak mengetahui langkah pencegahan yang dilakukan ketika terjadi penyakit menular diantaranya untuk menjaga jarak dengan yang mengalami sakit. 

Apalagi di pondok pesantren keseharian santri lebih aktif pertemuan antara satu dengan yang lainnya sehingga ketika terjadi penyakit menular seperti halnya batuk maka akan lebih rentan terjadi penularan.

Begitu juga dengan penyakit tidak menular sedianya anak-anak sejak dini mengetahui bagaimana melakukan upaya pencegahan seperti halnya PHBS. Diantaranya menjaga pola makan melakukan istirahat yang cukup dan olahraga. 

 

"Dalam sosialisasi ini pihak puskesmas yang hadir diantaranya dokter dan beberapa petugas mendampingi tim dari dinas kesehatan dan kami sampaikan terima kasih atas kehadiran bapak camat dalam acara sosialisasi tersebut," tandasnya. (rin/mlo)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: