Waspada! Kawanan Gajah Dekati Kantor Camat Suoh

Waspada! Kawanan Gajah Dekati Kantor Camat Suoh

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID – Kawanan gajah liar dengan habitat asli Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS) kembali meresahkan masyarakat Kecamatan Suoh Kabupaten Lampung Barat. 

Terakhir, kawanan gajah terpantau berjarak sekitar 700 meter dari Kantor Camat Suoh, yang masuk dalam wilayah Pekon Sumberagung, pada Kamis sore 4 Agustus 2022.

Anggota DPRD Lambar yang juga Anggota Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Konflik Gajah Suoh Sugeng Hari KInaryo Adi, didampingi Anggota Satgas Agheng Suprastyo Ali menyampaikan, beberapa waktu lalu pihaknya yang dikomandoi pihak Balai Besar TNBBS, dalam program patrol NGO, penggiringan sudah sampai ke Hulu Way Mendati mendekati Kecamatan ngambur Kabupaten Pesisir Barat, namun dua hari terakhir kembali mendekati Pekon Ringinsari dan Pekon Sumberagung Kecamatan Suoh.

”Selanjutnya dengan turunnya kembali 18 ekor gajah tersebut kami kembali melakukan penggiringan menuju arah Telaga Biru, namun ada tujuh ekor yang berbelok jaraknya hanya 700 meter dari pemukiman,” ungkapnya.

BACA JUGA:Buka Puncak Festival Wisata Hutan Lampung, Arinal : Hormati dan Jaga Hutan

Dengan keberadaan tujuh ekor gajah yang mendekati pemukiman tersebut, kata dia, pihaknya kembali melakukan blokade dan penghalauan agar tidak masuk ke pemukiman, sementara untuk penggiringan tidak memungkinkan untuk dilakukan karena kondisi medan yang curam mencapai 90 derajat.

”Kami juga melalui aparat pekon menyampaikan kepada masyarakat agar tetap waspada, dan untuk sementara tidak beraktifitas di sekitar lokasi kawanan gajah terpantau, dan melakukan pencegahan seperti mengumpulkan ban bekas untuk dibakar pada malam hari,” ujarnya.

Terusnya, di lokasi kawanan gajah terpantau tidak ada ketersediaan makanan, seperti pisang, pinang dan lainnya. Lokasi berada di hutan belukar dan kebun karet, sehingga berpotensi merangsek ke permukiman mengingat banyak tanaman yang biasa dimakan oleh satwa berbelalai tersebut.

”Kami akan terus melakukan pemantauan kawanan gajah tersebut, jangan sampai masuk ke pemukiman,” pungkasnya. (nop/mlo)



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: