Pembangunan Dua Masjid di Lambar Tuntas Tahun Ini

Pembangunan Dua Masjid di Lambar Tuntas Tahun Ini

Kabid Cipta Karya DPUPR Lambar Ahmad Ahnuh, S.T.--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Pemkab Lampung Barat melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (DPUPR) tahun ini menuntaskan pembangunan dua masjid yang menjadi salah satu program unggulan Bupati Lambar Hi. Parosil Mabsus dan Wakil Bupati Mad Hasnurin dalam rangka peningkatan iman dan taqwa.

Seperti diketahui, dalam Rancangaan Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 20217-2022, Pemkab Lambar menargetkan pembangunan tujuh masjid di tujuh kecamatan, dan lima diantaranya telah lama tuntas dan saat ini sudah dipergunakan masyarakat untuk ibadah dan kegiatan keagamaan.   

Kabid Cipta Karya DPUPR Lambar Ahmad Ahnuh, S.T., mengungkapkan, untuk dua masjid yang pembangunannya selesai tahun 2022 yakni Masjid di Pekon Sidomulyo Kecamatan Pagardewa dan Masjid di Pekon Sukajadi Kecamatan Bandarnegeri Suoh. 

"Untuk pembangunan Masjid Sidomulyo itu anggarannya sebesar Rp1,7 miliar, dimulai pada tahun 2019 sebesar Rp450 juta, kemudian tahun 2021 sebesar Rp425 juta dan tahun 2022 sebesar Rp900 juta, kemudian untuk masjid Sukajadi BNS tahun 2019 dianggarkan sebesar Rp 560 juta, tahun 2021 Rp512 juta dan tahun ini dianggarkan sebesar Rp1,2 miliar atau totalnya akan menghabiskan anggaran sebesar Rp2,3 miliar," ungkapnya, Rabu 27 Juli 2022. 

 

Program renovasi masjid yakni membidik sarana ibadah yang memerlukan bantuan untuk renovasi bangunan. Program tersebut bagian dari program pembangunan di bidang mental spiritual, dan kita berharap dengan adanya rehab sejumlah masjid ini dapat bermanfaat bagi masyarakat. 

”Untuk saat ini  pembangunannya sudah dalam tahap finishing, dan Insha Allah sebelum habisnya masa jabatan bapak bupati dan wakil bupati, dua masjid tersebut bisa diresmikan,” harap Ahmad Ahnuh.

Untuk diketahui, bersumber dari APBD Lambar, tahun 2021 lalu Pemkab Lambar juga menuntaskan rehab Masjid Al Mansur Kecamatan Balikbukit, pemerintah daerah mulai tahun 2018 telah menganggarkan dana sebesar Rp1,8 miliar lebih, tahun 2019 sebesar Rp2,8 miliar, tahun 2020 sebesar Rp1,3 miliar lebih sedangkan tahun ini akan dianggarkan sebesar Rp2,255 miliar lebih.

Selanjutnya Masjid Pekon Buaynyerupa Kecamatan Sukau tahap I tahun 2019 lalu dianggarkan sebesar Rp561 juta dan tahap II tahun 2021 ini akan dianggarkan Rp390 juta.  

 

Jauh sebelum itu Pemkab Lambar telah selesai melakukan rehab masjid di tiga kecamatan yaitu Masjid di Pekon Ciptamulya Kecamatan Kebuntebu, Masjid di Pekon Kenali Kecamatan Belalau dan Masjid di Pekon Bakhu Kecamatan Batuketulis. (nop/mlo)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: