Tingkat Pengangguran di Lambar Terendah di Lampung

Tingkat Pengangguran di Lambar Terendah di Lampung

Kepala Bappeda Lambar Agustanto Basmar, S.P, M.Si--

MEDIALAMPUNG.CO.ID - Tingkat pengangguran terbuka (TPT) di Kabupaten Lambar terendah di Provinsi Lampung. Dimana pada tahun 2021 berada di angka 2,83 persen atau 5.452 orang dari total keseluruhan masyarakat usia kerja di kabupaten setempat.

“Untuk tingkat pengangguran terbuka di Lampung Barat terendah di Provinsi Lampung,” ungkap Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Agustanto Basmar, S.P, M.Si, Senin 25 Juli 2022. 

Dipaparkannya, TPT adalah persentase jumlah pengangguran terhadap jumlah angkatan kerja. Pada tahun 2020, TPT di Lambar di angka 2,13 persen atau 4.053 orang, sedangkan tahun 2021 di angka 2,83 % atau 5.452 orang.  

“Jadi tahun 2021 jumlah TPT ada peningkatan dibanding tahun sebelumnya, hal itu dikarenakan kondisi pandemi Covid-19 yang berakibat pada usaha di masyarakat banyak yang tertekan atau bahkan tutup. Selain itu juga terjadinya pemutusan hubungan kerja (PHK),” kata dia  

BACA JUGA:Empat Kasus Kekerasan Perempuan dan Anak Terjadi di Lambar

Seraya menambahkan,  Lampung Barat memiliki sektor pertanian sehingga dapat membantu meningkatkan pertumbuhan ekonomi, oleh sebab itu sebagian besar tenaga kerja di wilayah ini terserap di sektor pertanian. 

"74,32 persen masyarakat di Lampung Barat bekerja di sektor pertanian, selain daripada sektor lain yang ada di daerah setempat,” tegasnya 

Dikatakannya, adapun upaya pemerintah daerah untuk menurunkan angka pengangguran di Kabupaten Lambar antara lain yaitu menggiatkan pengembangan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM), mempermudah perizinan investasi, melakukan pelatihan keterampilan untuk tenaga kerja, serta menyediakan informasi bursa kerja. 

“Kita berharap kedepan jumlah TPT di Kabupaten Lampung Barat akan berkurang sehingga perekonomian masyarakat terus meningkat,” pungkas dia.(lus/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: