Lomba Literasi, Mewarnai dan Cergam Peringatan HAN Pekon Purajaya Berlangsung Meriah

Lomba Literasi, Mewarnai dan Cergam Peringatan HAN Pekon Purajaya Berlangsung Meriah

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Sebanyak Enam Puluh Sembilan peserta, anak usia dini utusan dari, TK, RA, Kelompok Belajar (Kobe), dan SD Se Kecamatan Kebuntebu, Kabupaten Lampung Barat (Lambar) mengikuti lomba mewarnai dan lomba cerita bergambar, yang diselenggarakan Pekon Purajaya, dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional (HAN) 23 Juli.

Lomba yang dilaksanakan di Balai Pekon tersebut dibuka Camat Ernawati, S.E., Koordinator Wilayah (Korwil) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kebuntebu dan Sumberjaya Yulianto Nuzuli, S.Ip., Pendamping Lokal Desa (PLD) Andika Solehudin Hamadi, S.Pd., dan Irvan Febriyanto, S.Pd., ketua LHP Sri Lestari Handayani, Ketua LPMP Panani, KKN UIN Raden Intan. 

Sebagaimana diketahui lomba mewarnai dan cerita bergambar menjadi agenda rutin setiap peringatan HAN, sekaligus bentuk dukungan pekon setempat terhadap komitmen Pemkab Lambar di bawah kepemimpinan Bupati Parosil Mabsus tentang Kabupaten Literasi. 

Dalam sambutannya Ernawati, mengapresiasi konsistensi Peratin Purajaya Samsu Kendar, S.Hut., dalam upaya mencerdaskan tunas bangsa yang telah memberikan ruang dan waktu kepada anak-anak untuk dapat berekspresi menuangkan ide gagasan dan jiwa seni.

BACA JUGA:Jalan Sehat Bandarlampung Expo Kembali Digelar di Taman UMKM Bung Karno

Di sisi lain rutinitas tahunan lomba mewarnai dan lomba cerita bergambar yang dilaksanakan setiap peringatan HAN sebagai bentuk aplikasi dukungan tehadap tiga komitmen bupati diantaranya tentang Kabupaten Literasi.

Sementara dalam sambutan yang disampaikan Korwil Yulianto Nuzul, memperingati HAN, dengan rangkaian lomba seperti ini menjadi hari spesial anak-anak di usia belajar dan bermain.

Yulianto berpesan, di era sekarang ini orang tua tidak harus terlalu menuntut anak dalam tahapan menimba ilmu, melainkan justru yang ditanamkan mempertebal ilmu yang berbasis agama, untuk memperkokoh moral anak tersebut kedepannya.

Pihaknya juga mengajak program lomba seperti yang telah menjadi agenda rutin Pekon Purajaya di bidang pendidikan tersebut dapat diadopsi dan diikuti pekon lainnya, sebagai bentuk nyata Komitmen Bupati Parosil Mabsus terhadap Kabupaten Literasi. 

BACA JUGA:Ribuan Warga Ikut Senam SICITA dan Makan Bakso di Rumah Aspirasi

"Literasi bukan hanya membaca dan menulis, mengaplikasikan bakat dan seni juga adalah literasi seperti lomba yang kita saksikan saat ini," urainya.

Sementara disampaikan Peratin Samsu Kendar, dengan memperingati HAN memberikan kebebasan kepada anak-anak membentuk dan terbentuk karakter diri sendiri. 

"Semoga kegiatan yang tahun ini sudah tahun kedua menjadi pendukung Kabupaten Literasi sebagaimana di canangkan Bapak Bupati Parosil Mabsus," jelasnya.

Samsu Kendar yang baru saja diamanahkan warga kembali pimpin Purajaya untuk periode ketiga tersebut mengajak dan berharap kepada pekon lainnya untuk dapat melaksanakan kegiatan tersebut dalam peran memberikan wawasan kepada anak-anak untuk pengayaan ilmu. 

BACA JUGA:Gali Potensi dan Edukasi Hutan, Pemprov Lampung akan Selenggarakan Puncak Festival Wisata Hutan

"Semoga bidang literasi ini menjadi program kegiatan pekon-pekon untuk menjadikan Kabupaten Lampung Barat Hebat dan Sejahtera," paparnya. 

Salah satu mahasiswa KKN IUN Raden Intan mewakili rekan-rekanya yang ikut andil mensukseskan acara itu mengapresiasi animo sekolah dalam perhelatan itu. 

"Kami salut terhadap dukungan sekolahan dalam acara seperti ini. Bagaimana tidak dalam lomba awal ditetapkan setiap sekolah kirim tiga siswa, namun kenyataannya ada yang kirim empat dan lima siswa, ini artinya sangat didukung," ungkapnya.

Begitu juga disampaikan guru pendamping siswa Kurnia, acara lomba itu disebut sangat bagus sebab tujuannya untuk mendidik anak menjadi kreatif dan menumbuhkan rasa percaya diri. 

BACA JUGA:MPC PP Lambar Galang Donasi Bantu Korban Kebakaran

Sekedar diketahui dalam lomba itu Jumlah peserta literasi sebanyak Enam Puluh Sembilan terbagi peserta lomba Cerita Bergambar (cergam) tingkat SD 30 Peserta, Dan lomba mewarnai anak TK, Paud dan Kober 39 orang.

Bagi pemenang mendapatkan piala dan uang pembinaan sebagai pelecut semangat. Dan semua peserta memperoleh piagam 

 

Juara Cergam

1. Rendi SD 2 purajaya

2. Hazril SD 1 purajaya

3. Alif SD muarabaru

 

Juara Mewarnai

1. Adzkia paud bintang alam

2. Najwa paud harapan bangsa

3. Alinka paud miftahul huda

 

(rin/mlo)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: