Misteri 'Tuyul' Ciamis

Misteri 'Tuyul' Ciamis

Medialampung.co.id - Penemuan botol berisi sosok 'tuyul' bermuka seram di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, masih menyisakan misteri. Sejak ditemukan oleh Ibnu Kasir alias Mbah Gondrong, pada Sabtu (29/2), warga tak henti-hentinya berdatangan ke rumah Mbah Gondrong lantaran penasaran ingin melihat langsung benda misterius tersebut.

Ada yang percaya, ada juga tak percaya. Apakah wujud itu mainan, jimat atau janin?

Umumnya warga menyebut itu tuyul. Bila dilihat lebih jauh, sosok 'tuyul' bermuka seram ini mirip dengan jimat asal Thailand yakni Kuman Thong.

Mbah Gondrong menyebut itu hanya sebuah botol kecil biasa. Namun di dalamnya terdapat gambaran dua sosok. Sosok pertama ialah bayi atau janin yang masih merah. Sosok kedua merupakan makhluk menyeramkan yang menggambarkan jin. Mbah Gondrong menegaskan benda tersebut tidak terlihat bergerak.

"Wajahnya menyeramkan, berbeda dengan manusia. Memang kita sebagai umat Islam harus percaya terhadap hal-hal gaib. Selama di rumah saya benda ini tak terlihat bergerak," kata Mbah Gondrong, yang sehari-hari bekerja sebagai petani dan guru ngaji, beberapa waktu lalu. [caption id="attachment_113168" align="aligncenter" width="448"] Banyak warga yang berdatangan, mulai anak sekolah, ibu-ibu, hingga bapak-bapak, yang penasaran terhadap sosok diduga menyerupai 'tuyul' ini.[/caption]

Kepala Dusun Pahauran Sardi mengungkapkan sejauh ini beberapa warga yang melihat benda tersebut menyebut bernuansa klenik. Bahkan dikaitkan sebagai jimat yang memiliki kekuatan untuk merengkuh kesuksesan.

"Konon katanya benda ini sejenis benda klenik atau mistis, karena tidak mungkin bisa dibuat oleh perajin. Beberapa orang tertentu yang melihat benda ini ada yang bilang itu Golek Kencana, ada juga menyebut Bayi Ambar. Kami hanya membenarkan bahwa ada penemuan ini," ujar Sardi.

Menurut berbagai sumber, anak ambar atau disebut juga bayi ambar merupakan roh anak yang keguguran dalam kandungan. Sehingga tidak sempat lahir ke dunia. Biasanya memiliki kekuatan untuk kesuksesan, penglaris, pemikat dan lainnya.

Sardi tak bisa memastikan jenis benda tersebut. Menurutnya, tak mungkin benda dalam botol itu mainan anak. Sebab, kata dia, sosok di botol itu bermuka seram. Sedangkan mainan anak-anak pada umumnya lucu dan gagah.

Apakah benda dalam botol tersebut janin bayi yang keguguran? Sardi menjelaskan kalau sebuah janin kemungkinan dalam waktu beberapa hari kondisinya akan membusuk dan bentuknya menjadi tak beraturan.

"Logikanya tak masuk kalau itu janin. Kalau memang janin harusnya sudah hancur karena membusuk. Ini sudah beberapa hari ditemukan kondisinya masih tetap. Bisa jadi ini sudah lama dalam botol," tutur dia.

Sardi menegaskan isi botol tersebut hanya benda, bukan tuyul. Namun ia juga tak bisa menjelaskan jenis benda dalam botol tersebut. Sebagai aparat desa, ia mengimbau masyarakat yang ingin melihat langsung tidak berpikir macam-macam. Ia meminta warga melihat sosok tersebut hanya sebagai benda yang unik dan menarik.

"Masyarakat yang ingin melihat langsung, berpikir positif. Jangan menjadikan barang barang seperti ini dijadikan dewa dan lainnya," ucap Sardi.

Polisi dari Polsek Banjarsari juga telah melakukan pengecekan. Polisi memastikan benda tersebut bukan tuyul, namun tak menyebut jenisnya. Polisi mempercayakan benda tersebut kepada sang penemunya dan meminta masyarakat tak percaya dengan hal tersebut.

"Masyarakat diimbau tidak mempercayai takhayul dengan adanya tuyul dan kabar yang belum tentu kebenarannya," kata Kapolsek Banjarsari Kompol Sayimin.

Sayimin menjelaskan berdasarkan hasil koordinasi dan komunikasi dengan tokoh agama setempat, hasilnya bahwa benda tersebut bukan tuyul. "Menurut keterangan salah satu tokoh Agama yaitu Kyai Ibnu Kasir menerangkan bahwa temuan masyarakat yang dipercayai sebagai tuyul adalah bukan tuyul," tutur Sayimin. (detik/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: