Menuju Smart Village, Pekon Trimulyo Seleksi Calon Operator Melalui Test 

Menuju Smart Village, Pekon Trimulyo Seleksi Calon Operator Melalui Test 

Medialampung.co.id - Pekon Trimulyo, Kecamatan Gedungsurian, Kabupaten Lampung Barat (Lambar) menggelar seleksi calon operator pekon, bertempat di balai pekon, Kamis (5/11).

Pemilihan operator melalui test tertulis dan praktek tersebut, dilaksanakan untuk mendapatkan petugas yang benar-benar memiliki kemampuan di bidang itu.

Peratin Buchori, S.P., menyebutkan, tenaga operator sangat penting perannya, apalagi sekarang ini banyak kegiatan khususnya di bidang administrasi penerapannya sistem digital.

Seperti contoh pekon harus memiliki data terpadu dan terkoneksi dengan semua pihak dan khususnya dinas terkait yaitu data pemerintahan dan kependudukan, pembangunan, pemberdayaan dan kemasyarakatan. Maupun data dan kegiatan  pekon, hingga program dan rencana kerja pemerintah pekon. Bahkan tentang sosialisasi dan penyampaian informasi kepada masyarakat.

"Itu semua akan menjadi tugas operator pekon karena operator, sebagai bagian dari staf pemerintahan pekon," ungkapnya. 

Dipertegas Buchori, dalam seleksi operator itu  terdapat Tujuh peserta yang dianggap memenuhi syarat administratif seleksi, karena itu dilaksanakan secara test tertulis, serta test praktek komputer, dan  praktek mempublish sebuah berita.

Sistem test tersebut dilaksanakan karena penting lantaran petugas operator harus erat dengan media, termasuk media sosial (sosial) mengingat media merupakan sarana yang paling efektif untuk menyampaikan berita.

Dan termasuk  urusan Website  pekon akan menjadi bagian tugas dari operator. "Kalau boleh diidentikkan operator pekon itu seperti bagian Humas dan Protokol di kabupaten," katanya. 

Sekedar diketahui dalam test tersebut tim seleksi pekon meminta bantuan dari Tenaga Ahli P3MD kabupaten guna meraih hasil yang  lebih fair bagi para peserta.

Usai tes tertulis Dan praktek akan dilakukan tes wawancara, wawancara bertujuan untuk mengetahui integritas dan komitmen kerja bagi para peserta.

Tentunya dalam tahapan itu diharapkan hasil seleksi  bisa mendapatkan tenaga operator pekon yg handal dan siap mengabdi untuk pemerintah pekon. Karena Itu juga merupakan bagian dari persiapan pekon menuju Smart Village  Pekon Trimulyo. (rin/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: