Menparekraf: Desa Wisata Simbol Kebangkitan Nasional

Menparekraf: Desa Wisata Simbol Kebangkitan Nasional

Medialampung.co.id - Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021 merupakan salah satu program pengembangan kepariwisataan Indonesia yang sedang digalakkan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). 

Dengan mengangkat tema Indonesia Bangkit, program ini diharapkan mampu mewujudkan visi Indonesia sebagai negara tujuan pariwisata berkelas dunia, berdaya saing, berkelanjutan, serta mampu mendorong pembangunan daerah dan kesejahteraan rakyat.

Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan, Wisata Pasar Paloh Naga memang unik. "Meskipun nilai transaksi menggunakan kepeng masih belum signifikan dalam industri pariwisata, kami melihat semangat menjadikan desa wisata ini memiliki keunikan dan tumbuh berkembang merupakan prestasi tersendiri bagi kami di Kemenparekraf. Menghargai semangat desa untuk membangun desa wisata dengan agrowisata yang unik merupakan simbol kebangkitan ekonomi nasional," ungkapnya dalam Sosialisasi Desa Wisata Denai Lama, Kec. Pantai Labu, Kab. Deli Serdang, Rabu (9/6)

Diketahui Desa Wisata Denai Lama, Kecamatan Pantai Labu, Kabupaten Deli Serdang, dipilih dalam kegiatan sosialisasi  ini karena Desa Denai Lama terkenal dengan literasi adat budayanya, seperti budaya Jawa, Melayu, dan Batak. Juga menghasilkan kerajinan yang beragam, contohnya kain tenun khas Desa Denai Lama, Kain Batik Jumputan, dan kerajinan dari batok kelapa. Desa Wisata Denai Lama juga berkembang dalam pemanfaatan potensi desa, seperti dibangunnya Sanggar Lingkaran yang memiliki kafe baca. Kafe yang juga berfungsi sebagai taman bacaan. Salah satu manfaatnya untuk pengembangan karakter SDM-nya dikelola oleh remaja Desa Denai Lama. 

Selain itu, Denai lama berhasil berkembang di bidang agrowisata. Salah satunya Agrowisata Paloh Naga sebagai pusat produksi jajanan dan oleh-oleh khas dari Desa Denai Lama. Juga mempunyai ciri khas dalam setiap transaksi jual-belinya masih menggunakan cara barter (menukarkan uang dalam bentuk koin kayu).

Visi Kemenparekraf di bawah kepemimpinan Sandiaga Salahuddin Uno dengan program nyata Anugerah Desa Wisata 2021 menjadi stimulan kebangkitan industri wisata nasional yang terdampak pandemi Covid-19 sejak 2020. Program Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021 telah berjalan di beberapa daerah. Di antaranya Desa Pujon Malang, Desa Mas Ubud, Desa Tugu Selatan Cisarua, Desa Cibuntu Kuningan, Desa Candirejo Magelang, dan Desa Pentingsari Sleman. (rls/sya/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: