Manfaatkan DD, Kampung Bengkulu Jaya Bangun Badan Jalan Baru

Manfaatkan DD, Kampung Bengkulu Jaya Bangun Badan Jalan Baru

Medialampung.co.id - Berbagai inovasi dan program peningkatan pembangunan terus dilakukan dan dilaksanakan oleh Kampung Bengkulu Jaya melalui Dana Desa (DD). 

Salah satunya dengan pembukaan badan jalan baru di kampung tersebut yang diharapkan akan mampu mempercepat peningkatan ekonomi masyarakat serta pembangunan kehidupan sosial lainnya.

"Sesuai dengan Slogan Bapak Bupati bahwa setiap pembangunan diberikan itu harus bermanfaat bagi masyarakat banyak bukan untuk segelintir masyarakat aja banyak, itulah yang coba saya terjemahkan di Kampung Bengkulu Jaya ini,” ujar kepala Kampung Bengkulu Jaya Noviana.

Dia mengaku memahami betul bahwa jalan merupakan salah satu penunjang utama pembangunan ekonomi masyarakat karena dengan keberadaan jalan masyarakatnya yang 99,9% adalah petani akan dapat membawa hasil bumi mereka ke pasar terdekat yang pada akhirnya ekonomi mereka juga akan ikut terangkat dan bila ekonomi sudah terangkat maka warga saya akar mampu menyekolahkan anak-anak mereka.

"Mayoritas penduduk di Kampung yang saya pimpin ini adalah petani, baik petani kopi, jagung, dan padi. Jadi badan jalan ini diharapkan dapat mempermudah jalur transportasi mereka ketika berkebun dan membawa hasil kebun mereka, selain itu data juga diharapkan dapat mengembangkan pemukiman agar semakin tertata dan ramai," imbuh Nopiana.

Lebih jauh Noviana menerangkan bahwa jalan baru yang ia buka tersebut memiliki panjang 1,5 kilometer (km) dan lebar 5 meter (m) yang dibangun di atas lahan hibah dari masyarakat. 

"Sementara kita masih membuat badan jalan terlebih dahulu. Kedepannya, untuk tahun selanjutnya diharapkan dapat ditingkatkan dengan pengerasan," jelasnya.

Terpisah, Warjono, Sekretaris Kampung Bengkulu Jaya menambahkan bahwa pemanfaatan Dana Desa di Kampung Bengkulu Jaya antara lain digunakan untuk dukungan penyelenggaraan posyandu, penyuluhan dan pelatihan kesehatan, pembangunan sumur bor, pembukaan badan jalan, juga termasuk di bidang pemerintahan, bidang kesehatan, bidang sosial dan budaya.(wk1/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: