M. Nasir Nilai Pemkab Pesawaran Setengah Hati Hadapi Covid-19

M. Nasir Nilai Pemkab Pesawaran Setengah Hati Hadapi Covid-19

Medialampung.co.id - Ketua DPRD Kabupaten Pesawaran, M. Nasir, menilai upaya pemerintah guna memerangi penyebaran dan penularan virus Corona (Covid-19) di wilayah Kabupaten Andan Jejama terlihat setengah hati.

Hal ini terlihat dari hasil kunjungan yang dilakukan M. Nasir di beberapa Puskesmas dan klinik yang ada di Gedongtataan. Untuk ketersediaan Alat Pelindung Diri (ADP) bagi para tenaga medis yang ada sangat memprihatinkan. 

Terlihat jelas para tenaga medis ini untuk melindungi diri mereka agar tidak terpapar dari virus Covid-19, hanya menggunakan jas hujan bahkan untuk masker sendiri mereka harus sistem mandiri beli sendiri. Termasuk untuk alat pengukur suhu badan atau thermogun belum tersedia alias masih menggunakan cara manual.

“Setelah kita lihat memang sangat memprihatinkan sekali, sebenarnya terkait hal ini sudah pernah kita sampaikan kemarin pada rapat gugus tugas penanganan virus Corona (Covid-19). Saya mendapatkan banyak sekali keluhan-keluhan. Nah hari ini saya buktikan sendiri dengan saya berkeliling turun langsung di beberapa Puskesmas yang ada di Gedongtataan. Ternyata betul, jangankan untuk APD, masker saja  mereka sangat kekurangan, contoh di 4 Puskesmas yang sudah saya kunjungi ini, belum ada APD yang disiapkan pemerintah,” ungkap Nasir saat meninjau langsung ke lokasi, Kamis (2/4).

Dijelaskan, dari hasil kunjungannya tersebut selain minimnya APD untuk tenaga medis juga untuk ruang isolasi awal yang tersedia terlihat sangat darurat dan tidak layak.

“Ini sangat jauh dari apa yang dilaporkan Dinas Kesehatan, katanya semua di 13 Puskesmas yang ada di Pesawaran sudah lengkap APDnya, tapi ini setelah kami lihat tidak ada. Dan diperparah untuk ruang isolasi awal yang ada ini, saya lihat darurat dan tidak standar,” ucapnya.

Untuk itu pihaknya berharap kepada pemerintah daerah dalam hal ini Dinas Kesehatan untuk segera mencarikan solusinya bukan hanya bercerita akan tetapi  tidak sesuai dengan fakta di bawah.

“Harapan saya kepala Dinas Kesehatan cepat segera carikan solusinya, sesegera mungkin bila perlu semua besok sudah terlengkapi khususnya Puskesmas yang ada di pinggir-pinggir jalan raya,”pintanya.

Lebih lanjut Ketua DPC PDIP Pesawaran ini menambahkan, terkait minimnya APD ini pihaknya akan segera memanggil pihak Dinkes untuk dilakukan hearing.

“Terkait hal ini kita akan segera panggil pihak Diskes untuk hearing. Apalagi Gedongtataan ini merupakan tempat singgahnya banyak orang, bukan orang Pesawaran saja yang datang. Jika terlihat batuk-batuk pilek, kalau ternyata mereka terpapar virus Corona, inikan bahaya, kasihan dong untuk para perawat dan tenaga medis yang ada di sini, tidak dilindungi dengan alat yang standar,” imbuhnya

Sementara itu, Nofita Eka Dewi salah satu tenaga medis di Puskesmas Rawat Inap Gedongtataan, mengatakan, pihaknya bersama para tenaga medis yang lain sangat sekali membutuhkan APD tersebut, apalagi saat ini APD yang digunakannya bersama para tenaga medis yang ada itu ala kadarnya.

“Harapan kami untuk kesediaan APD untuk tenaga medis di sini khususnya di Puskesmas Gedongtataan segera diadakan, karena Puskesmas ini semua menjadi tumpuan di sini dari mana-mana berobat ke sini, saya harapkan disegerakan pak,  APD untuk kami, tenaga medis di sini benar-benar butuh apalagi saat ini kami menggunakan APD ala kadarnya cuma pake jas hujan itu pun dengan usaha mandiri dengan beli sendiri jadi mohon kami untuk diperhatikan, karena resiko terpapar virus itu di tenaga medis ini,” pungkasnya (ozi/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: