Launching Logo-Tema Hari Santri 2021, Kemenag Gelar Empat Cabang Lomba   

Launching Logo-Tema Hari Santri 2021, Kemenag Gelar Empat Cabang Lomba   

Medialampung.co.id - Logo dan tema peringatan hari  santri tahun 2021 resmi di launching oleh Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI) Selasa, (21/9).

Peresmian logo hari santri tahun 2021 dengan tema ‘Santri Siaga Jiwa dan Raga’ itu dipimpin langsung oleh Menteri Agama (Menag) RI Yaqut Cholil Qumas dan diikuti oleh seluruh jajaran kantor kemenag secara virtual.

Kasi Pendidikan Agama dan Pendidikan Keagamaan Islam (PAPKI) Hi Ali Mukhtar, S.Ag, M.M, mendampingi Kepala Kantor kemenag Maryan Hasan, S.Ag, M.Pd.I, menjelaskan Peringatan Hari Santri 2021 yang mengusung tema Santri Siaga Jiwa Raga merupakan bentuk pernyataan sikap santri Indonesia agar selalu siap siaga menyerahkan jiwa dan raga untuk membela tanah air, mempertahankan persatuan Indonesia, dan mewujudkan perdamaian dunia. 

“Selain itu sesuai dasar pemikiran tercetusnya tema hari santri, Siaga Jiwa Raga ini juga merupakan komitmen seumur hidup santri yang lahir dari sifat santun, rendah hati, pengalaman, dan tempaan santri selama di pesantren,” paparnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa Siaga Jiwa berarti santri tidak lengah menjaga kesucian hati dan akhlak, berpegang teguh pada akidah, nilai, dan ajaran Islam Rahmatan Lil Alamin serta tradisi luhur bangsa Indonesia. Karenanya, santri tidak akan pernah memberikan celah masuknya ancaman ideologi yang dapat merusak pemikiran dan komitmen terhadap persatuan dan kesatuan Indonesia. 

“Kemudian Siaga Raga berarti badan, tubuh, tenaga, dan buah karya santri didedikasikan untuk Indonesia. Karenanya, santri tidak pernah lelah berusaha dan terus berkarya untuk Indonesia. Jadi, Siaga Jiwa Raga menjadi sangat penting di masa pandemi Covid-19 sekarang ini, di mana santri tetap disiplin dan tidak boleh lengah dalam menjaga protokol kesehatan 5M+1D yaitu Memakai Masker, Mencuci Tangan, Menjaga Jarak, Menjauhi Kerumunan, Mengurangi Mobilitas dan Doa,” imbuhnya.

Sementara, ali mukhtar menambahkan bahwa untuk memeriahkan peringatan hari santri di lambar, pihaknya akan menggelar berbagai lomba yang diikuti oleh seluruh pesantren di Lambar. Lomba itu meliputi lomba baca kitab, lomba lalaran/muhafadhoh serta lomba muhadhoroh atau ceramah.

“Kemudian acara puncak peringatan hari santri 2021 nanti akan dipusatkan di kecamatan sekincau. Semoga seluruh rangkaian  acara yang digelar berjalan lancar dan sehingga peringatan hari santri keenam ini dapat terus memberikan semangat bagi para kaum santri dan santriwati,” imbuhnya.(edi/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: