Lapas Metro Buka Penitipan Makanan untuk Warga Binaan

Lapas Metro Buka Penitipan Makanan untuk Warga Binaan

Medialampung.co.id - Sambut Hari Raya Idul Fitri 1441 H, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II A Metro membuka penitipan untuk masyarakat yang ingin mengirimkan makanan kepada warga binaan di Lapas tersebut.

Diungkapkan Kalapas Kelas IIA Kota Metro Ade Kusmanto, penitipan makanan tersebut dibuka dalam rangka hari raya Idul Fitri 1441 H.

"Kita dibuka selama tujuh hari sampai dengan Sabtu (30/5)," ujarnya, Senin (25/5).

Pada Hari Raya Idul Fitri 1441 H, menurut Ade Lapas Metro tidak menyediakan kunjungan secara fisik bagi warga binaan dan digantikan dengan kunjungan online melalui video call.

Sebagai gantinya, lanjut dia, masyarakat bisa menitipkan makanan untuk keluarganya yang sedang menjalani masa hukuman di Lapas tersebut.

"Pada hari pertama dan kedua ini antusiasme masyarakat untuk menitipkan makanan cukup tinggi. Pada hari pertama dan kedua hari raya, masyarakat masih berbondong -bondong membawakan makanan kesukaan narapidana dan tahanan," ungkapnya.

Ia menjelaskan, penerimaan makanan untuk warga binaan tetap memperhatikan SOP COVID-19, pengirim makanan wajib di cek suhu tubuh, cuci tangan, menggunakan masker dan masuk bilik steril.

"Selanjutnya diterima dan diperiksa barang titipan makanannya untuk mencegah masuknya barang terlarang seperti narkoba," jelasnya.

Ia juga menambahkan, pada Hari Raya Idul Fitri ini, sebanyak 347 warga binaan mendapatkan remisi khusus (RK). Jumlah tersebut terdiri dari RK I dan RK II.

"Remisi ini diberikan kepada warga binaan yang beragama Islam dan telah memenuhi syarat. Rinciannya, yang mendapatkan RK yakni terkait perkara kriminal umum sebanyak 272 orang, RK terkait PP No.28/2006 sebanyak satu orang, RK terkait PP No.99/2012 sebanyak 73 orang dan RK II sebanyak satu orang," ungkapnya. (pip/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: