Lamtim Waspada Serangan DBD

Lamtim Waspada Serangan DBD

Medialampung.co.id - Selain pandemi Covid-19 Dinas Kesehatan Kabupaten Lampung Timur juga menghimbau masyarakat meningkatkan kewaspadaan terhadap Demam Berdarah Dengue (DBD).

Kepala Dinas Kesehatan Lamtim dr.Nanang Salman menjelaskan, penyakit yang disebabkan gigitan nyamuk aedes aegypti tersebut cenderung menyerang di musim penghujan seperti sekarang ini. Bahkan, pada periode Desember 2021 ini sudah ada sejumlah warga Lamtim yang terserang DBD. Antara lain, warga dari Kecamatan Sekampung, Purbolinggo, Raman Utara dan Jabung.

Dilanjutkan, guna mengantisipasi penyebaran DBD, jajaran Diskes telah melakukan fogging focus (pengasapan) di seputaran rumah warga yang terserang. Selain itu, Diskes juga akan segera menerbitkan surat edaran kepada para camat agar meningkatkan kewaspadaan warganya terhadap DBD. Pasalnya, musim penghujan diperkirakan masih akan berlangsung lama. 

Pertimbangan lain, di masa pandemic Covid-19 ini, bila terserang DBD maka kondisi kesehatan penderita akan menurun. 

“Bila kondisi kesehatan menurun maka rentan terserang Covid-19,” jelas dr.Nanang didampingi Kabid Pencegahan dan Pemberantasan Penyakit Sartono, Selasa (21/12).

Ditambahkan, guna mencegah penyebaran DBD, masyarakat juga dihimbau meningkatkan kebersihan lingkungan dan menjaga kesehatan. Antara lain, melalui kegiatan pemberantasan sarang nyamuk. Yaitu, melalui kegiatan menutup, mengubur dan menguras (3M) tempat-tempat yang potensial menjadi sarang nyamuk. Kemudian, senantiasa menerapkan pola hidup bersih dan sehat. (wid/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: