Lamtim Waspada DBD

Lamtim Waspada DBD

Medialampung.co.id - Dinas Kesehatan Lampung Timur menghimbau masyarakat mewaspadai serangan demam berdarah dengue (DBD).

Kepala Dinas Kesehatan Lamtim dr. Nanang Salman menjelaskan, penyakit yang disebabkan gigitan nyamuk aedes aegypti tersebut cenderung menyerang di musim penghujan seperti sekarang ini. 

Dilanjutkan, selama periode Januari 2022 ini tercatat ada 33 warga Lamtim yang tersebar di 10 kecamatan terserang DBD. Rinciannya, Purbolinggo 11, Pekongan 11, Batanghari 3 dan Pasir Sakti 2. Kemudian, masing-masing 1 di Kecamatan Sekampung, Raman Utara, Way Jepara, Marga Tiga, Sekampung Udik dan Labuhan Maringgai.

"Guna mengantisipasi penyebaran DBD, jajaran Diskes telah melakukan fogging focus (pengasapan) di seputaran rumah warga yang terserang tersebut," jelas dr.Nanang didampingi Kabid Pencegahan dan Pemberantasan Penyakit Sartono, Rabu (19/1).

Ditambahkan, mengingat musim penghujan diperkirakan masih akan berlanjut maka masyarakat diimbau menjaga kebersihan lingkungan. Kemudian, melaksanakan pemberantasan sarang nyamuk (PSN). Antara lain, melalui program menutup, mengubur dan menguras (3M) tempat-tempat yang potensial menjadi sarang nyamuk. 

Diketahui sebelumnya, pada periode Desember 2021 ada sejumlah warga Lamtim yang terserang DBD. Antara lain, warga dari Kecamatan Sekampung, Purbolinggo, Raman Utara dan Jabung. (wid/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: