Lamtim Luncurkan Program Percaya UKM Berjaya

Lamtim Luncurkan Program Percaya UKM Berjaya

Medialampung.co.id - Pemerintah Kabupaten Lampung Timur terus berupaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Itu termasuk, pelayanan perizinan berusaha bagi para pelaku Usaha Kecil Mikro (UKM).

Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PMPTSP) Lamtim Edi Saputra menjelaskan, untuk memberikan kemudahan perijinan Pemkab Lamtim meluncurkan program percepatan layanan (Percaya) UKM Berjaya.

Dilanjutkan, melalui program Percaya UKM Berjaya tersebut, PMPTSP siap melakukan jemput bola dalam penerbitan Nomor Induk Berusaha (NIB) dan Sertifikat Produksi Pangan Industri Rumah Tangga (SPPIRT) bagi para pelaku UKM.

“Petugas dari PMPTSP akan berkantor di Kecamatan 2 kali sepekan untuk melayani pelaku UKM mengurus NIB dan SPPIRT,” jelas Edi Saputra, Selasa (18/1).

Ditambahkan, melalui program tersebut diharapkan 11 ribu UKM yang tersebar di 24 kecamatan memiliki NIB dan SPPIRT. Menurutnya, dengan memiliki perizinan tersebut maka akan mempermudah pelaku UKM dalam memasarkan produknya hingga ke pasar modern.

“Ini merupakan program Bupati dan Wakil Bupati Lamtim M.Dawam Rahardjo – Azwar Hadi dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat menuju Lamtim Berjaya,” terang Edi.

Diketahui sebelumnya, Bupati Lampung Timur M.Dawam Rahardjo berharap para pelaku usaha kecil mikro (UKM) lebih kreatif dan inovatif. Hal itu disampaikan M.Dawam Rahardjo saat membuka penyuluhan keamanan pangan bagi pelaku UKM dan industri rumah tangga (IRT) di aula Rumah Dinas Bupati Lamtim, pada 22 September 2022 lalu.

Menurutnya, sejumlah kendala yang dihadapi para pelaku UKM dan IRT dalam mengembangkan usahanya antara lain, kurangnya permodalan, teknologi dan tidak menariknya kemasan serta belum memenuhi standar kesehatan.

Dilanjutkan, untuk mengatasi permasalahan tersebut, produk UKM khususnya bidang pangan dikemas dengan baik dan memenuhi syarat kesehatan. Itu agar, produk yang dihasilkan menarik minat pembeli dan dapat bersaing di pasar modern. 

Karenanya, melalui penyuluhan itu Pemerintah Kabupaten Lamtim terus berusaha agar berbagai kendala itu dapat teratasi. Itu termasuk memberikan kemudahan perizinan usaha bagi pelaku UMKM dan IRT. (wid/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: