Pasar Liwa Diusulkan Jadi Pasar Modern

Pasar Liwa Diusulkan Jadi Pasar Modern

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Pasar Liwa di Kecamatan Balikbukit Kabupaten Lampung Barat, diusulkan menjadi pasar modern. Pembangunannya diusulkan kepada Kementerian Perdagangan (Kemendag) RI dengan alokasi yang dibutuhkan sebesar Rp78 Miliar.

Hal tersebut diungkapkan Bupati Lambar Hi. Parosil Mabsus. Menurutnya, pembangunan pasar Liwa menjadi pasar modern yang akan lebih memberikan rasa  nyaman bagi pedagang dan pengunjung pasar menjadi usulan prioritas Pemkab Lambar.

"Pemkab Lambar sudah mengusulkan pembangunan pasar Liwa menjadi pasar yang megah, anggarannya diperkirakan mencapai Rp78 Miliar, semoga usulan tersebut bisa terealisasi sehingga Lambar bisa memiliki pasar yang modern, sehingga pedagang dan pengunjung bisa lebih nyaman," ujarnya belum lama ini.

Ia juga berkeyakinan, dengan dibangunnya pasar tersebut menjadi pasar modern, mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat, serta mampu meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD).

BACA JUGA:Wakili Bupati Parosil, Camat Batuketulis Serahkan Bantuan Korban Kebakaran

"Doakan saja usulan yang sudah kita sampaikan ke Kementrian bisa segera terealisasi, sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat  dan meningkatkan PAD," kata Parosil.

Sementara Kepala Dinas Koperasi UKM Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Lambar Tri Umaryani mengatakan, usulan tersebut diusulkan dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Bidang Pasar.

"Kita mendapatkan alokasi untuk bidang Pasar. Tentu ini tidak terlepas kinerja pariwisata kita lalu, karena tujuan wisata kita di Kebun Raya Liwa untuk itu kita mendapatkan bidang pasar, selain itu juga ada alokasi di bidang industri. Kenapa pasar Liwa, karena kita ditetapkan tujuan wisata, khususnya Kebun Raya Liwa," ujarnya.

Menurutnya, ditetapkannya pasar Liwa sebagai sasaran, itu karena Pasar Liwa yang lokasinya berada di kecamatan Balikbukit dan menjadi pendukung wisata Kebun Raya Liwa. 

BACA JUGA:20 Juli, Jemaah Haji Lambar Dijadwalkan Tiba di Asrama Haji Bandarlampung

"Tetapi ini masih diusulkan dan kami sudah melengkapi dokumen dalam aplikasi,  untuk di pertimbangkan dari pemerintah pusat," imbuhnya. 

Terpisah, Yanti salah seorang pedagang di Pasar Liwa menyambut baik  upaya Pemkab Lambar dalam mengusulkan pembangunan pasar tersebut. 

Menurutnya, para pedagang menginginkan pasar tersebut bisa aktif setiap hari.

"Kalau sudah menjadi pasar modern, dengan fasilitas yang lengkap tentu layak untuk bisa beroperasi setiap hari, semoga usulan yang disampaikan Pemkab Lambar bisa terwujud," pungkas Yanti. (nop/mlo)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: