Lambar Sepuluh Kali Berturut-Turut Meraih Predikat WTP

Lambar Sepuluh Kali Berturut-Turut Meraih Predikat WTP

Medialampung.co.id -  Bupati Lambar Hi. Parosil Mabsus menerima penghargaan atas diraihnya predikat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) yang kesepuluh kali  berturut turut dari Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI) atas laporan keuangan pemerintah daerah (LKPD) tahun 2019.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Kepala Kantor Wilayah Ditjen Perbendaharaan Provinsi Lampung Sopandi Arifin di Aula Kagungan, Rabu (18/11).

“Pemkab Lampung Barat telah berhasil berturut turut memperoleh WTP dari tahun 2010 hingga 2019, sebagai bentuk apresiasi pemerintah pusat memberikan penghargaan kepada Pemkab Lampung Barat. Pencapaian opini WTP bukanlah hal yang mudah, apalagi 10 kali berturut turut dan kami mengucapkan selamat kepada Pemkab Lambar atas diraihnya pencapaian ini,” kata Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Lampung Sopandi Aripin dalam sambutannya.

Menurut dia, untuk meraih penghargaan WTP setiap pemerintah kota/daerah harus memenuhi kriteria yang telah ditentukan.

“Kriteria untuk penghargaan WTP yakni harus sesuai kebutuhan, memadai, dan telah memenuhi ketentuan sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku,” ucapnya

Di wilayah Lampung, lanjut dia,  hanya ada empat daerah yang memenuhi syarat dan mendapatkan penghargaan WTP.

“Ada dua kota yakni Bandar Lampung dan Kota Metro, sedangkan untuk kabupaten diraih oleh Lampung Barat dan Way Kanan,” tegasnya

Pihaknya berharap, dengan diraihnya penghargaan tersebut Pemkab Lambar akan lebih meningkatkan kinerja untuk hasil yang lebih baik lagi untuk kedepannya.

Sementara Bupati Lampung Barat Hi. Parosil Mabsus dalam sambutannya mengatakan, prestasi yang diraih Kabupaten Lambar tersebut harus menjadi motivasi untuk memunculkan inovasi dan ide kreatif yang lebih baik lagi.

“Apa yang kita raih selama 10 tahun ini merupakan prestasi capaian kinerja kita terkait dengan perencanaan, pelaksanaan dan serapan APBD Lampung Barat. Kita harus jaga kepercayaan ini, karena ada daerah lain yang tadinya mendapat penghargaan yang sama dengan kita namun kemudian berikutnya mendapat Wajar Dengan Pengecualian (WDP), dan Alhamdulilah Lambar dapat mempertahankan kesepuluh kalinya,” ucap Parosil.

Terkait pengelolaan keuangan, Parosil mengaku siap menerima saran dan masukan dari berbagai pihak. 

“Kami siap menerima saran dan masukan dalam hal kebijakan pengelolaan keuangan daerah. Mempertahankan itu bukanlah hal mudah, tapi saya yakin dengan kerjasama dan mau mendengarkan saran dari berbagai pihak maka saya yakin dan optimis Lampung Barat akan mampu mempertahankan WTP yang ke 11 kalinya tahun depan,” harapnya.

Pihaknya berharap Kanwil dapat menyampaikan kepada Kementerian Keuangan RI  agar mendukung  keuangan Pemkab Lambar.

“Dampak Covid-19 ini kedepan akan sangat berpengaruh pada APBD Lampung Barat, harapan kami kepada Kanwil agar Kabupaten Lambar didukung oleh Kementerian Keuangan,” tutupnya. (lus/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: