Lambar akan Kirim 30 Peserta di MTQ Tingkat Provinsi

Lambar akan Kirim 30 Peserta di MTQ Tingkat Provinsi

Medialampung.co.id – Kabupaten Lampung Barat akan mengirimkan 30 orang peserta pada Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Tingkat Provinsi Lampung tahun 2021 yang akan diselenggarakan di Kabupaten Pringsewu pada bulan November mendatang.

Kasi BIMAS Islam pada Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Lambar Kailani, mengungkapkan, MTQ tingkat provinsi tersebut akan dilaksanakan pada pada 25 November hingga 4 Desember mendatang. Peserta yang akan dikirim adalah peserta hasil seleksi yang dilaksanakan pada tahun 2019 lalu.

”Tahun 2019 dan 2020 tidak dilaksanakan MTQ tingkat provinsi, sehingga dengan rencana akan digelarnya MTQ tingkat provinsi tahun ini, maka kami kembali menyiapkan peserta, dan untuk peserta yang akan kami ikut sertakan pada MTQ tersebut adalah hasil seleksi yang telah dilakukan pada tahun 2019,” ungkap Kailani mendampingi Kepala Kemenag Lambar Maryan Hasan.

Hanya saja, untuk peserta yang terpilih berdasarkan hasil seleksi tahun 2019 tersebut, akan kembali dilihat kualifikasi umur. Ketika nantinya kualifikasi umur tidak lagi masuk dalam kriteria, maka secara otomatis akan turun kepada pemenang dengan usia dibawahnya.

”Kita akan mengirimkan sekitar 30 orang peserta untuk cabang tilawah, tahfidz, tafsir, pencerahan, dan khattil Qur’an. Tetapi tentunya walaupun sudah ditetapkan sebagai pemenang pada tahun 2019, namun akan kembali diverifikasi apakah usia mereka masih masuk criteria atau tidak, kalau usianya sudah lebih dari batasan yang ditetapkan maka akan digantikan oleh peserta lainnya,” kata dia.

Menurut Kailani, pada ajang MTQ Lambar sempat berada di urutan ke-tujuh dari 15 kabupaten/kota se-Lampung. Hal tersebut tentunya merupakan sebuah prestasi, mengingat untuk peserta MTQ tidak diperbolehkan berasal dari luar daerah, artinya harus putra-putri daerah masing-masing.

”Untuk MTQ di tahun 2021 ini tentunya kami berharap prestasi yang diraih bisa meningkat dari sebelumnya, dan karena mengingat pelaksanaan hanya dua bulan lagi, maka kami imbau kepada peserta untuk mempersiapkan diri dan terus berlatih,” pungkasnya. (nop/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: