Labtek Milik Itera Modern dan Canggih

Labtek Milik Itera Modern dan Canggih

Medialampung.co.id - Institut Teknologi Sumatera (Itera) memiliki laboratorium teknik dua yang modern dan canggih. Labtek tersebut digunakan untuk mendukung pendidikan tinggi berbasis riset dan teknologi.

Rektor Itera Prof Ofyar Z Tamin menjelaskan, labtek dua tersebut berisikan peralatan yang canggih dan modern. Diantaranya, Universal Testing Machine Swick Roell All Round Z250 SR, mesin tersebut dapat melakukan banyak pengujian diantaranya uji tarik, uji tekan, uji flexural, uji Buckling dan sebagainya.

Lalu, mesin itu juga dilengkapi dengan software TestXpert III All-In-Suite include dengan 600 Standard Test Programs, TextControl II, Remote Control with Display, Extensiometer, Hydrolic Power Pack (Maks 350 bar).

Kemudian, Compression Test Kit 120 x 120, 3-Point Flexure Test, Certificates of Origin dan Kapasitas Loadcell 1 kN (untuk material Non Logam : komposit dan polimer) dan 250 kN (Material Logam : Steel, Carbon Steel, Stainless Steel, Almunium dll), berbagai jenis grip sehingga dapat mencekam material diameter 6-60 mm.

"Untuk mesin dengan type dan spesifikasi ini, baru ada 3 di Indonesia yaitu salah satunya di Institut Teknologi Sumatera. Lalu, Politeknik Manufaktur Bandung, serta Politeknik Industri Logam Morowali,"ungkapnya di sela-sela peresmian gedung labtek 2 Itera, Senin (27/1). (rnn/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: