KWT Darma Tani Berhasil Budidayakan Bawang Merah Polybag

KWT Darma Tani  Berhasil Budidayakan Bawang Merah Polybag

Medialampung.co.id - Bawang merah juga dapat dibudidayakan dalam polybag, seperti yang dilakukan kelompok wanita tani (KWT) Darma Tani di Pekon Sumberagung, Kecamatan Ambarawa kabupaten Pringsewu.

Plt Kadis Pertanian Pringsewu Maryantodari mengatakan, dari evaluasi dan penilaian, pengembangan bawang merah pada polybag oleh KWT Darma Tani Sumberagung termasuk yang berhasil.

"Baik dari aspek produktivitas, teknik budidaya serta keseriusan dan tindak lanjut cukup berhasil," singkat Maryanto.

Kegiatan yang dilakukan KWT merupakan kegiatan anggaran 2019 yang bersumber dari APBN, dimana Pringsewu mendapat bantuan program bawang merah dalam bentuk umbi. Sedangkan melalui APBD Pringsewu dianggarkan untuk media tanam dan polybag.

Terkait hal ini bupati Pringsewu H. Sujadi memberi apresiasi atas inovasi tersebut. Menurutnya seiring berjalannya waktu dan dinamika pembangunan yang terjadi, timbul sejumlah permasalahan, diantaranya adalah masalah penyempitan lahan pertanian serta alih fungsi lahan.

Untuk itu, kegiatan pemanfaatan pekarangan rumah menjadi alternatif solutif dalam menopang kegiatan pertanian.

"Dinas Pertanian  dapat melakukan inovasi terkait pengembangan bawang merah tersebut melalui KWT unggulan yang ada," harapnya.

Dikatakan H. Sujadi, potensi bawang merah ini sejatinya dapat diolah menjadi produk setengah jadi. Dimana dengan inovasi yang dilakukan, bisa dijual bawang merah dalam bentuk produk lain.

"Untuk hal ini, bisa dilakukan kerjasama dengan perguruan tinggi yang ada di Lampung untuk melakukan pendampingan inovasi,” sarannya. (sag/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: