Kunjungi Lokasi Banjir Wonosobo, Bupati Tanggamus Rencanakan Normalisasi Hulu Sungai

Kunjungi Lokasi Banjir Wonosobo, Bupati Tanggamus Rencanakan Normalisasi Hulu Sungai

Medialampung.co.id - Bupati Tanggamus Dewi Handajani bersama Wakil Bupati Tanggamus Hi. A.M. Syafii dan Ketua TP PKK Tanggamus Hj. Sri Nilawati menyambangi Pekon Wayliwok, Rabu sore (22/9). 

Way Liwok merupakan salah satu dari tujuh pekon yang terdampak banjir pada Senin malam lalu. 

Dalam kunjungannya tersebut, Bupati dan Wabup melihat dari dekat sungai Way Liwok yang meluap, serta meninjau dapur umum untuk menyemangati para relawan yang bertugas menyiapkan makanan bagi warga. 

Bupati dan Wabup juga meninjau Pondok Pesantren Syarif Hidayatullah di Pekon Way Liwok yang juga turut terendam banjir. Dalam kesempatan itu, bupati memberikan tali asih yang diterima langsung pengurus ponpes.

Bupati Dewi Handajani menyatakan penanganan banjir di Pekon Way Liwok, Kecamatan Wonosobo yaitu dengan normalisasi sungai di bagian hulu.

Menurutnya hal itu adalah langkah yang paling bisa dilakukan. Sebab kondisi di Pekon Way Liwok pada bantaran sungainya sudah menyempit akibat pemukiman warga. 

"Langkah normalisasi yang bisa dilakukan adalah normalisasi di hulu. Sehingga saat volume air tinggi maka air bisa tertampung dulu di sana," ujar Dewi Handajani.

Dilanjutkan bupati bahwa Pemkab Tanggamus akan terus berkoordinasi dengan Pemprov Lampung untuk membantu menangani dan mengantisipasi banjir kembali di Pekon Way Liwok. 

"Kami sudah ada langkah penanganan, dan akan lakukan penanganan agar tidak terjadi lagi banjir minimal bisa diminimalisir dampaknya,"kata Bunda Dewi.

Ia juga mengimbau masyarakat agar hati-hati, waspada memasuki musim hujan. Dan dinas terkait agar menginventarisasi potensi bencana. Sehingga bisa melakukan upaya preventif, sebagai usaha penanganan jika terjadi bencana. 

"Saya sudah perintahkan kepala pelaksana BPBD untuk inventarisir kira kira apa langkah-langkahnya apakah harus normalisasi atau pelebaran gorong-gorong. Kami juga mengucapkan terimakasih atas bantuan dari Pemprov Lampung dan pusat dalam penanganan banjir di Wayliwok ini," pungkas bupati.(ehl/rnn/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: