Jamaah Padati Lokasi Shalat Ied yang Disiapkan PDM Pringsewu

Jamaah Padati Lokasi Shalat Ied yang Disiapkan PDM Pringsewu

Jamaah memadati sejumlah lokasi yang disiapkan Pengurus Daerah Muhammadiyah (PDM) Pringsewu untuk pelaksanaan sholat Idul Adha--

PRINGSEWU, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Aparat Gabungan dari TNI-Polri dan Dishub diterjunkan untuk melakukan pengamanan dan pengaturan arus lalulintas di sekitar lokasi sholat Idul Adha bagi warga yang melaksanakannya pada Sabtu 9 Juli 2022.

"Untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat yang merayakan Idul Adha pada hari ini, Polres Pringsewu telah menerjunkan 94 personil untuk mengamankan jalanya ibadah sholat Ied tersebut," terang Kapolres Pringsewu AKBP Rio Cahyowidi melalui Kabag Ops Kompol Kisron.

Pengamanan direncanakan dilakukan selama dua hari, yakni hari Sabtu dan Minggu besok (9-10/7).

Selain melakukan pengamanan sholat Ied, aparat gabungan juga akan melakukan monitoring kegiatan pemotongan dan distribusi hewan qurban.

BACA JUGA:Jelang Idul Adha, Harga Daging Tembus Rp.170 Ribu/Kg

"Hal ini untuk memastikan rangkaian kegiatan ibadah hari raya Idul adha dapat berjalan aman dan lancar," jelas Kompol Kisron.

Sementara itu sejumlah lokasi yang disiapkan pengurus daerah Muhammadiyah (PDM) Pringsewu terlihat di penuhi warga. 

Seperti diberitakan sebelumnya, Pengurus Daerah (PD) Muhammadiyah Pringsewu menyiapkan 22 lokasi salat Idul Adha 1443 Hijriah, Sabtu 9 Juli 2022. 

"Ada 22 lokasi untuk pelaksanaan shalat Idul Adha, besok," kata Ketua PD Muhammadiyah Pringsewu Drs. Atoriyadi melalui Sekretaris Dr. Muhtasor. 

BACA JUGA:Jadi Khotib di Puncak Haji, PHD Lambar Jelaskan Moderasi

Muhtasor mengungkapkan, lokasi salat Idul Adha itu sesuai ketetapan Majelis Tabligh Pimpinan Daerah Muhammadiyah Pringsewu yang ditandatangani Ketua Munir Effendi, S.Pd. dan Sekretaris Rahmat Efendi, M.Pd.l.

”Untuk waktu pelaksanaan shalat Ied, mulai pukul 07.00 WIB," urai Muhtasor.

Ini tertuang dalam Maklumat No.01/MLM/I.0/E/2022 tentang Penetapan Hasil Hisab Ramadhan, Syawal dan Dzulhijjah 1443 Hijriah. Isinya tentang penetapan awal Ramadhan, Syawal dan Dzulhijjah 1443 Hijriah berdasar hasil hisab hakiki wujudul hilal yang dipedomani oleh Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat Muhammadiyah.

Berbeda dengan keputusan pemerintah yang secara resmi menetapkan 1 Dzulhijjah 1443 Hijriah yang jatuh pada Minggu, 10 Juli 2022.

BACA JUGA:Satindra

Ketua Pengurus Wilayah (PW) Muhammadiyah Lampung Prof. Marzuki Noor mengatakan bahwa sesuai dengan keputusan Muhammadiyah, hari Arafah jatuh pada Jumat 8 Juli 2022.

“Sesuai dengan keputusan Muhammadiyah, Arafahnya Jumat, salat ied-nya Sabtu,” kata Marzuki Noor.(sag/mlo) 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: