KPU Pesawaran Gelar Simulasi Pemungutan Suara

KPU Pesawaran Gelar Simulasi Pemungutan Suara

MediaLampung.co.id - Guna memastikan pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara pada 9 Desember mendatang sesuai SOP protokol kesehatan di tengah pandemi Covid-19, KPU Pesawaran menggelar simulasi pemungutan suara di TPS 1, Desa Batu Menyan, Teluk Pandan, Rabu (18/11)

"Simulasi pemungutan dan penghitungan suara ditekankan pada penerapan protokol kesehatan pada hari H 9 Desember mendatang," ungkap Ketua KPU Pesawaran Yatin P. Sugino, Rabu (18/11).

Dikatakan, simulasi dimulai dari saat pemilih akan memasuki Tempat Pemungutan Suara (TPS) dengan memastikan mencuci tangan pakai sabun, pengecekan suhu, mengenakan masker saat akan mendaftar. 

"Pada saat mau mendaftar, kita juga simulasikan para pemilih yang datang ke TPS menerapkan physical distancing minimal satu meter pada saat antrian," jelasnya.

Kemudian, lanjut Yatin, sebelum menyalurkan hak pilihnya,para pemilih disediakan tempat duduk untuk mengantri di dalam TPS sebelum mencoblos. Dimana panitia hanya menyiapkan 6 tempat duduk di dalam TPS untuk pemilih yang menunggu giliran untuk mencoblos.

"Termasuk mengatur jarak antrian di dalam TPS dan tidak boleh melebihi kapasitas. Dan kita siapkan hanya enam kursi dengan dua shaf. Setelah mencoblos, panitia akan meneteskan atau menyemprotkan tinta kepada pemilih," jelasnya

Sedangkan lanjut Yatin, surat pemberitahuan pemilih di masa pandemi covid-19 juga diatur jam untuk memilih. Misal nomor 1 sampai 100 dari jam 8.00-9.00 WIB dan seterusnya. Sehingga tidak terjadi penumpukan dan kerumunan pemilih di TPS

"Termasuk simulasi bagi pemilih yang terdeteksi dengan suhu tubuh tinggi diatas 37,3 derajat agar tidak masuk TPS melainkan di samping TPS. Pada hari H, nanti kita juga meminta bantuan dari tim gugus tugas kabupaten," pungkasnya. (ozi/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: