Korem 043/Gatam Sidang Pankar Bagi 304 Prajurit

Korem 043/Gatam Sidang Pankar Bagi 304 Prajurit

Medialampung.co.id – WS Kepala Staf Korem 043/Gatam Letkol Inf Sahnun mewakili Danrem 043/Gatam memimpin langsung sidang Pankar dalam menentukan usul kenaikan pangkat (UKP) periode 1 Oktober 2020 bertempat di aula Ahmad Yani Makorem 043/Gatam, Kamis  (18/6). 

Letkol Sahnun mengatakan bahwa pangkat dan karier bagi prajurit merupakan suatu kehormatan dan kesejahteraan yang wajib diberikan kepada para prajurit.

“Namun dengan adanya kenaikan pangkat dan karier, tentu semakin bertambah tanggung jawab kita sebagai prajurit abdi negara maupun abdi masyarakat,” ujarnya.

Menurut dia, sebelum semua itu diraih, banyak hal yang harus jadi pertimbangan serta berbagai tahapan yang harus dilalui, salah satunya dengan menyelenggarakan sidang Pankar yang merupakan mekanisme dan prosedur penilaian yang objektif harus tetap dilaksanakan.

“Terutama penilaian di satuan dan kemampuan jasmani perorangan, yang merupakan persyaratan bagi personel yang akan diusulkan kenaikan pangkatnya, satu tingkat lebih tinggi,” tutur Letkol Inf Sahnun.

Sidang UKP yang dilaksanakan, bertujuan untuk mengetahui dari berbagai aspek yang merupakan persyaratan menyangkut kenaikan pangkat prajurit tersebut layak atau tidaknya untuk diusulkan ke Komando atas. 

Namun demikian, dalam penentuannya harus seobjektif mungkin, jangan dilandasi dengan adanya rasa benci, dendam dan lain sebagainya.

Apabila prajurit tersebut mempunyai catatan buruk, seperti dibidang jasmani pada pelaksanaan tes kesegaran jasmani tidak memenuhi syarat, maka prajurit tersebut tidak akan diusulkan kenaikan pangkatnya, maupun berbagai catatan lainnya, seperti pernah melakukan pelanggaran kedinasan baik itu pelanggaran THTI, Disersi, insubordinasi maupun pelanggaran lainnya.

Personel yang Ukp pada Periode 1 Oktober 2020 berjumlah 304 orang Prajurit yang terdiri dari prajurit pama /Ba/ta dan Asn se jajaran Korem 043/Gatam.

Hadir pada Sidang Pangkar, Kasi Persrem 043/Gatam, Kasi Intel Korem 043/Gatam, Kasi Terrem 043/Gatam, Kasi Log rem 043/Gatam, Kasi Opsrem 043/Gatam, Para Dan/Ka/Satbalak jajaran Korem 043/Gatam serta para pasi Korem 043/Gatam. (*/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: