Kesehatan ABK KN. Edam Diperiksa

Kesehatan ABK KN. Edam Diperiksa

Medialampung.co.id – Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus Disease (Covid-19) Kabupaten Pesisir Barat, melakukan pemeriksaan kesehatan pada seluruh anak buah kapal (ABK) KN. Edam yang sandar di sekitar Pelabuhan Kuala Stabas untuk memeriksa menara suar di Pekon Walur, Kecamatan Krui Selatan.

KN. Edam yang dinahkodai Kapten Sugiono bersama 36 ABK itu rutin melaksanakan pemeriksaan menara suar di Pekon Walur itu, agar aktifitas laut baik nelayan dan transportasi laut berjalan aman dan lancar.

Selama pelayaran dalam melaksanakan tugas yang berkaitan dengan navigasi laut, seluruh nahkoda dan ABK dibekali surat tugas dan kondisi kesehatan dari Distrik Navigasi Kelas I Tanjung Priok Jakarta Utara.

Hasil pemeriksaan Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 pada seluruh ABK KN. Edam seluruhnya dinyatakan sehat, tidak ada ABK yang sakit atau terjangkit Covid-19.

“Semua ABK dalam kondisi sehat, pemeriksaan kesehatan mereka perlu kita lakukan, karena sebagian besar ABK turun ke pelabuhan kuala stabas untuk berangkat menuju menara suar di Pekon Walur,” ungkap Sekretaris BPBD Pesbar Mirza Sahri.

Sementara itu, Nahkoda KN Edam. Sugiono mengatakan setiap tiga bulan pihaknya rutin menyambangi Kabupaten Pesbar dan sandar di Pelabuhan Kuala Stabas untuk melihat dan melakukan pemeliharaan menara suar.

“Setiap tiga bulan kita satu rute hingga ke Bengkulu, bahkan sampai ke Pulau Enggano untuk melakukan pemeriksaan dan pemeliharaan menara suar sebagai sarana penunjang transportasi laut,” kata dia.

Dijelaskannya, pihaknya juga melaksanakan pendistribusian bahan makanan logistik dan bahan bakar minyak dalam rangka gilir tugas penjaga menara suar, melakukan uji tes pemakaian BBM kapal, melaporkan secara tertulis bahaya-bahaya baru navigasi yang dijumpai dalam pelayaran.

“Kita sangat menyambut baik pemeriksaan kesehatan yang dilaksanakan oleh tim gugus tugas Covid-19 Kabupaten Pesbar, meski kita sudah dibekali surat sehat, namun semua harus mengikuti prosedur yang ada,” jelasnya.

Ditambahkannya, pihaknya hanya bersandar selama satu hari di perairan Pesbar, setelah tugas selesai dilaksanakan pihaknya akan melanjutkan pelayaran menuju Provinsi Bengkulu untuk memeriksa menara suar disana.

“Hari ini kita akan langsung menuju ke Bengkulu, mungkin akan menginap di Pulau Enggano, karena disana bisa sandar langsung di dermaga, selanjutnya kita melakukan pemeriksaan keberadaan menara suar yang ada,” tandasnya. (ygi/d1n/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: