Keramikan dan Kawah Nirwana di Suoh Ramai Dikunjungi Wisatawan

Keramikan dan Kawah Nirwana di Suoh Ramai Dikunjungi Wisatawan

Medialampung.co.id, BALIKBUKIT - Destinasi wisata di Kecamatan Suoh Lampung Barat, seperti Kawah Nirwana dan Keramikan kian ramai dikunjungi wisatawan pada libur hari raya idul fitri 1440 Hijriah.

Setiap harinya, sekitar 500 wisatawan datang berkunjung, menikmati keindahan alam geothermal, yang kian menjadi primadona di bumi beguai jejama sai betik tersebut.

Camat Suoh Novi , SKM, M.Kes., mengatakan, sekitar 70 persen pengunjung yang datang berasal dari luar daerah, seperti Way Kanan, Lampung Utara, Pringsewu, Tanggamus dan juga beberapa daerah lainnya.

"Dengan kondisi jalan yang sudah cukup bagus, memungkinkan bagi wisatawan dari luar daerah datang bersama sanak keluarga dengan mengendarai mobil atau motor," ungkap Novi Andri.

Setiap harinya, kata Novi melanjutkan, sekitar 30 orang guide disiapkan, selain itu petugas parkir dan keamanan lainnya juga ditugaskan untuk mengamankan barang bawaan maupun kendaraan pengunjung yang terparkir.

Terusnya, pentingnya guide mendampingi wisatawan yang berkunjung itu dikarenakan beberapa titik berbahaya didekati pengunjung, sehingga guide akan mengarahkan, termasuk memberikan penjelasan-penjelasan tentang destinasi wisata tersebut.

"Bagi wisatawan khususnya yang baru pertama kali datang kami imbau untuk berhati-hati dan lebih baik menggunakan jasa guide, karena akan sangat berbahaya ketika menginjak titik-titik tertentu di keramikan atau kawah nirwana," imbuhnya.

Sementara itu, Iwan salah seorang pengunjung yang mengaku berasal dari Pringsewu mengatakan, ia bersama keluarganya sengaja datang ke Suoh setelah sebelumnya bermalam di Pesisir Barat.

"Ini baru pertama, ada sodara yang ngajak kami kesini, lokasi wisatanya bagus mas, sayang aja mas disini belum ada penginapannya, jadi waktu untuk menikmati keindahan kawah nirwana dan keramikan jadi terbatas karena kami kami harus kembali lagi ke Pringsewu," katanya. (nop/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: