Kelulusan SMA dan SMK Diumumkan, Sulpakar Larang Aksi Coret-Coret

Kelulusan SMA dan SMK Diumumkan, Sulpakar Larang Aksi Coret-Coret

Medialampung.co.id - Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung Sulpakar  menyampaikan pengumuman kelulusan kelas XII SMA dan SMK tahun pelajaran tahun 2019/2020.

Kriteria Kelulusan menurut Peraturan Pemerintah No. 13/2015 tentang Standar Nasional Pendidikan (NSP) yaitu Menyelesaikan seluruh program pembelajaran kelas X sampai dengan kelas XII.

"Memperoleh nilai sikap dan perilaku minimal baru Lulus ujian satuan pendidikan," kata Sulpakar.

Sulpakar juga mengatakan  karena pandemi Covid-19 , selain kriteria di atas, Pemerintah telah mengeluarkan kebijakan Surat edaran (SE) Mendikbud No.4/2020 dimana ketentuan kelulusan berdasarkan :  

Pertama untuk Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat ditentukan berdasarkan Nilai lima semester terakhir. Nilai semester genap kelas X dan kelas XII dapat digunakan sebagai tambahan nilai kelulusan. 

Kedua Untuk Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) sederajat, ditentukan berdasarkan nilai rapor, praktek kerja lapangan, portofolio dan nilai praktek selama limas semester terakhir. 

"Untuk itu,     Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung beserta jajaran, mengucapkan Selamat atas Kelulusan siswa/i kelas XII SMA/SMK/SLB se Provinsi Lampung Tahun Pelajaran 2019/2020," kata Sulpakar.

Berkaitan dengan pengumuman kelulusan ini, Kadisdikbud Sulpakar menghimbau kepada anak-anak yang baru saja menerima Kelulusan ini untuk, tidak melakukan aksi coret-coret pakaian, baik itu di lingkungan sekolah atau di luar sekolah. tidak merayakan kelulusan dengan cara berkumpul, jangan melakukan konvoi kendaraan di jalan raya yang menyebabkan kemacetan.

"Rayakan Kelulusan ini dengan cara bersyukur kepada-Nya dan beribadah di rumah bersama keluarga tercinta," imbuhnya.

Selanjutnya, dalam situasi seluruh aktivitas di sekolah terhenti, solidaritas dan gotong royong menjadi kunci penanganan Covid-19 khususnya di Provinsi Lampung. Oleh karena itu, Pemerintah Provinsi Lampung terbuka untuk kerja sama dan kolaborasi dukungan penyelenggaraan pendidikan di masa darurat ini. 

"Sudah sepatutnya, kesadaran semacam ini muncul dari setiap elemen pendidikan, pelajar, pendidik dan tenaga kependidikan, termasuk orang tua. Ayo kita belajar dari Covid-19, memajukan Pendidikan dan menguatkan Kebudayaan. Semoga pandemi Covid-19 segera berakhir, semua warga bangsa senantiasa sehat dan proses kehidupan dapat berjalan normal kembali dengan menciptakan manusia manusia baru yang memiliki pola pikir positif yang  sarat solidaritas sosial," pungkasnya.(*/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: