Kawanan Gajah Rusak Dua Gubuk Warga

Kawanan Gajah Rusak Dua Gubuk Warga

Medialampung.co.id – Sebanyak 12 ekor gajah yang berhabitat asli di Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS) masih meneror warga di Kecamatan Suoh Kabupaten Lampung Barat. Tercatat sebanyak dua gubuk warga dirusak oleh kawanan gajah, belum lagi areal perkebunan warga khususnya yang ditanami pisang tidak luput dari sasaran pengerusakan oleh satwa berbelalai tersebut.

Bhabinkamtibmas wilayah setempat Bripka Sigit Harmoko mengungkapkan, setiap hari pihaknya bersama masyarakat melakukan ronda malam hingga pagi hari. Untuk Jum'at dini hari, lokasi kawanan gajah berada di Talang Lima, Tri Tunggal dan sempat mendekati Talang Bagio Pekon Banding Agung yang padat penduduk, namun bisa dihalau.

"Hingga tadi malam ada gubuk warga milik bapak Sarani, dan milik bapak Marihan yang ada di kebun dirusak oleh kawanan gajah, untungnya pemilik tidak sedang menempati gubuk mereka, dan sedang pulang ke umbul (talang)," ungkap Sigit Harmoko mendampingi Kapolres Lambar AKBP Rachmat Tri Hariyadi, S.Ik.

Menurutnya, tidak banyak upaya yang bisa dilakukan pihaknya bersama masyarakat, selain melakukan ronda malam, agar kawanan gajah tidak terus mendekati pemukiman, karena itu akan sangat membahayakan keselamatan masyarakat.

"Untuk pengusiran dilakukan dengan menyalakan api dan kadang bunyi-bunyian, namun itu tidak terus dilakukan karena khawatir kawanan gajah malah akan lebih mendekat dan membahayakan masyarakat," kata dia menambahkan.

Sementara itu, Babinsa wilayah setempat Serda Dwi Winarno mewakili Dandim 0422 Lambar Letkol Kav Adri Nurcahto, S.T., mengungkapkan, ia telah meninjau lokasi gubuk milik Marihan yang dirusak oleh kawanan gajah.

"Kondisi gubuk milik Marihan di Talang Lima Pemangku Tri Tunggal Pekon Bandingagung mengalami kerusakan cukup parah, dan kami imbau agar warga berhati-hati dan tetap menjaga keselamatan," ujarnya.

Seperti diketahui, sejak beberapa minggu terakhir kawanan gajah liar  turun gunung dan mendekati pemukiman warga di Pekon Roworejo dan Banding Agung Kecamatan Suoh, turunnya kawanan gajah ini juga telah mengakibatkan kerusakan pada sejumlah perkebunan warga. (nop/lus/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: