Kawanan Gajah Mengarah ke Wilayah Tanggamus

Kawanan Gajah Mengarah ke Wilayah Tanggamus

Medialampung.co.id – 17 ekor gajah dengan habitat asli Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS) yang  hampir dua bulan terakhir meneror warga Kecamatan Suoh dan Bandarnegeri Suoh (BNS) Kabupaten Lampung Barat, kini mulai menjauh dan mengarah ke wilayah Resort Sukaraja Kabupaten Tanggamus.

Hal tersebut diungkapkan Kepala TNBBS Resort Suoh Sulki, Senin (27/9). Menurutnya, saat ini kawanan gajah berada di sekitar Gunung Asahan, yang merupakan habitat asli dari kawanan gajah yang salah satunya diberi nama Bunga tersebut.

”Sudah berada di Gunung Asahan, masuk dalam resort Sukaraja Kabupaten Tanggamus,  kalau jarak dari pemukiman itu sekitar dua kilometer, sehingga masih sangat berpotensi kembali,” ungkap Sulki, mendampingi Kepala TNBBS Bidang Wilayah II Liwa Amri.

Mengingat kawanan gajah tersebut masih berpotensi kembali,  kata dia, maka pihaknya  masih tetap melanjutkan patroli termasuk blockade, dengan harapan satwa berbelalai tersebut bisa terus menjauh dan tidak lagi mendekati lahan garapan warga apalagi mendekati permukiman.

”Patroli dan Blokade terus dilakukan karena (kawanan gajah) masih memungkinkan kembali. Untuk blockade dilakukan di beberapa tempat yang berpotensi berpotensi dilintasi kawanan gajah yang melibatkan masyarakat, aparat pemerintahan baik kecamatan maupun pekon, kepolisian dan juga TNI, dan Alhamdulillah sejauh ini koordinasi terjalin dengan sangat baik, sehingga tidak ada korban jiwa meskipun kawanan gajah tersebut cukup agresif,” kata dia.

Dilain pihak Anggota DPRD Lambar Sugeng Hari Kinaryo Adi, bersama masyarakat melakukan Blokade di sekitar Gunung Merah masuk wilayah Pekon Gunungratu Kecamatan Suoh. Lokasi tersebut menjadi salah satu jalur perlintasan  gajah.

”Hari ini kami melakukan blokade di gunung merah agar kawanan gajah tidak kembali turun dan meresahkan  masyarakat, dan berdasarkan pantauan kawanan gajah sudah dalam wilayah hutan rimba, dan masuk dalam wilayah Kabupaten Tanggamus,” pungkasnya. (nop/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: