Waspada PMK, Distan Pringsewu Imbau Masyarakat Beli Hewan Kurban Lokal

Waspada PMK, Distan Pringsewu Imbau Masyarakat Beli Hewan Kurban Lokal

--

PRINGSEWU, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Merebaknya Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) warga Pringsewu yang hendak berkurban dihimbau untuk membeli hewan kurban dari wilayah lokal Pringsewu saja. 

Hal ini guna menjamin kesehatan ternak sekaligus membantu meminimalisir penyebaran PMK masuk ke wilayah kabupaten ini.

"Untuk pemenuhan hewan kurban dari daerah dalam wilayah lokal Pringsewu saja," kata Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan drh. Budi Pramono mewakili Kepala Dinas Pertanian Siti Litawati, SP. 

Salah satu pertimbangannya menurut alumni kedokteran hewan UGM ini yakni terkait jaminan kesehatannya.

"Karena hewan calon kurban sudah didampingi oleh petugas, dan Pringsewu sebagai daerah hijau PMK," tambahnya.

Hingga kini pihaknya masih terus melakukan pemantauan hewan kurban.

"Sekaligus sudah kita laksanakan pemantauan kesehatan hewan kurban, bersamaan dengan upaya kewaspadaan PMK," beber drh. Budi.

Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Pringsewu juga telah mengerahkan petugas untuk tracing dan identifikasi ke peternak. Ini dilakukan guna deteksi serta antisipasi penyakit mulut dan kuku (PMK) ternak.

“Kita sekarang mengerahkan semua personel untuk tracing dan identifikasi di lapangan,” kata Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan drh. Budi Pramono 

Langkah lain, mengefektifkan KIE (komunikasi informasi edukasi) ke masyarakat. Untuk menyatukan gerak dan langkah, pihaknya juga sudah rakor konsolidasi kesiapsiagaan dan kewaspadaan dini penyakit tersebut.

“Sudah kita satukan langkah sebagai bentuk kesiapsiagaan agar PMK tak terjadi di Pringsewu serta antisipasi dini,” sebut drh. Budi. (sag/mlo)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: