Kampanye Tatap Muka Masih Jadi Metode Andalan

Kampanye Tatap Muka Masih Jadi Metode Andalan

Medialampung.co.id - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Waykanan mencatat metode kampanye tatap muka masih menjadi andalan bagi kedua pasangan calon (paslon) Bupati dan Wakil Bupati Waykanan maupun tim kampanye paslon peserta Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2020.

Ketua Bawaslu Waykanan, Yesi Karnainsyah mengatakan bahwa berdasarkan hasil pengawasan terhadap pelaksanaan kampanye selama 18 hari sejak dimulainya masa kampanye pada Sabtu (26/9) lalu hingga Selasa (13/10), hampir seluruh metode kampanye paslon peserta Pilkada 2020 di Kabupaten Waykanan ini dilakukan secara tatap muka.

Masih menurut Yesi, dari data yang didapat Bawaslu Kabupaten Waykanan selama pengawasan di lapangan itu memang metode kampanye tatap muka yang dilakukan paslon maupun tim kampanye masih mendominasi dibandingkan dengan kegiatan kampanye melalui media dalam jaringan (daring), seperti secara virtual (zoom) dan juga kampanye melalui media sosial (medsos).

Meski kegiatan kampanye tatap muka masih menjadi andalan bagi para paslon dan juga tim kampanye, namun itu harus benar-benar adanya kesadaran masyarakat maupun paslon dan tim kampanye untuk tetap mematuhi protokol kesehatan, karena kampanye tatap muka tersebut berpotensi terhadap penyebaran wabah Covid-19.

Sehingga dalam hal tersebut harus benar-benar diperhatikan, meski sejauh ini dari hasil pengawasan di lapangan baik Bawaslu Kabupaten, Panwaslu Kecamatan (Panwascam) hingga Pengawas Pemilu Kelurahan/Desa (PKD), dua pasangan calon melakukan kegiatan kampanye tatap muka dengan peserta maksimal 50 orang dan sampai hari ini belum ada laporan dan temuan terkait pelanggaran protokol kesehatan maupun pelanggaran lainnya selama kegiatan kampanye tatap muka.

“Hingga kini semua paslon dan juga tim kampanye masing-masing masih mentaati terkait penerapan protokol kesehatan seperti memakai masker, menyiapkan tempat cuci tangan/hand sanitizer, jaga jarak, jumlah yang hadir dan sebagainya," pungkasnya.(wk1/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: