Jumlah BDT Pesbar Alami Penurunan

Jumlah BDT Pesbar Alami Penurunan

Medialampung.co.id – Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), melalui Dinas Sosial (Dinsos) telah menerima hasil verifikasi dan validasi basis data terpadu (BDT) keluarga sejahtera di kabupaten setempat dari Kementerian Sosial (Kemensos).

Verifikasi dan validasi BDT keluarga sejahtera itu dilaksanakan dua kali dalam satu tahun yakni periode Januari-Oktober dan Oktober-Januari, dimana tahun ini Dinsos menerima hasil verifikasi dan validasi untuk periode Oktober 2019 hingga Januari 2020.

Kabid Pemberdayaan Sosial, Rena Novasari, S.H., mendampingi Kadis Sosial Pesbar, Agus Triadi, S. Ip., mengatakan dalam melaksanakan verifikasi dan validasi BDT itu, pihaknya melibatkan tenaga kesejahteraan sosial kecamatan (TKSK) dan pendamping sosial masyarakat (PSM).

“Verifikasi dan validasi  BDT itu bertujuan untuk memaksimalkan data jumlah masyarakat kurang mampu di Kabupaten Pesbar, sehingga penyaluran bantuan sosial lebih tepat sasaran,” kata dia.

Dijelaskannya, pada awal tahun 2020 jumlah masyarakat yang terdaftar dalam BDT berkurang, dimana pada Oktober 2019 jumlah BDT mencapai 21. 486 rumah tangga sedangkan pada januari lalu menjadi 20.618 rumah tangga.

“Ada pengurangan hingga 868 rumah tangga, pengurangan itu merupakan hasil verifikasi dan validasi BDT yang dilakukan, artinya rumah tangga yang keluar dari BDT itu dinyatakan telah mampu secara ekonomi,” jelasnya.

Ditambahkannya, proses verifikasi dan validasi masih akan berlangsung hingga pertengahan tahun mendatang, artinya dengan waktu yang cukup lama itu, pihaknya berharap petugas yang melaksanakan verifikasi dan validasi bisa lebih maksimal.

“Kita berharap verifikasi dan validasi di semester pertama tahun 2020 ini bisa lebih maksimal, sehingga jumlah BDT yang terdaftar semakin berkurang dan bantuan sosial yang disalurkan bisa lebih tepat sasaran,” terangnya.

Selain itu, pelaksanaan verifikasi dan validasi BDT yang dilaksanakan, merupakan salah satu cara yang dilaksanakan untuk melihat sudah sejauh mana dimana perkembangan bantuan sosial yang disalurkan dalam meningkatkan ekonomi masyarakat.

“Tujuan bantuan sosial merupakan salah satu upaya agar ekonomi masyarakat bisa berkembang dan bantuan sosial yang diberikan ke masyarakat bisa dimanfaatkan dengan maksimal,” tandasnya. (ygi/d1n/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: