Jika Terima Bantuan Beras Rusak, Segera Lapor!

Jika Terima Bantuan Beras Rusak, Segera Lapor!

Medialampung.co.id - Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Lampung Barat terus mengoptimalkan pengawasan dalam proses penyaluran 764 ton Bantuan Sosial Beras (BSB) kepada 16.988 Peserta Program Keluarga  Harapan (PKH) dari Kementerian Sosial (Kemensos) RI di 131 pekon dan lima kelurahan di kabupaten setempat.

Pengawasan tersebut dilakukan dalam rangka memastikan bahwa kondisi beras sebanyak 45 kilogram yang diterima oleh masing-masing peserta PKH yakni beras dengan kualitas sebagaimana mestinya. Bahkan ketika ditemukan ada bantuan beras yang kondisi rusak maka akan segera diganti dengan yang baru.

Kabid Jaminan Sosial Dinsos Lambar Ferri Istanto, S.E., mengatakan, dalam proses penyaluran BSB tersebut, pengawasan dilakukan mulai dari gudang penyimpanan di Badan Urusan Logistik (Bulog), kemudian pengawasan sekaligus pemeriksaan sampel saat proses pengiriman ke kecamatan-kecamatan dan pekon/kelurahan.

”Kalau kami bersama dengan TKSK selaku perpanjangan tangan Kemensos dan Dinsos Lambar melakukan pengawasan dengan maksimal, agar bagaimana beras yang tersalurkan kualitasnya sesuai, atau dalam kondisi yang baik tidak rusak,” ujarnya.

Menurutnya, pihaknya juga telah melakukan koordinasi dengan pihak Bulog, bahkan ketika nantinya  ditemukan adanya beras yang rusak atau tidak layak konsumsi, maka itu akan dikembalikan dan akan diganti oleh pihak Bulog dengan beras yang  bagus.

”Kondisi cuaca Lambar yang saat ini musim penghujan memungkinkan beras dikirim ke pekon-pekon mengalami kerusakan akibat basah di perjalanan, kalau ada yang seperti itu tentunya menjadi tanggungjawab pihak penyalur, dan harus diganti pihak Bulog juga sudah menyatakan siap,” bebernya.

Seperti  diketahui, Penyaluran BSB untuk 16.988 peserta PKH di Lambar  dilakukan secara bertahap. Penerima bansos beras ditetapkan merupakan peserta PKH karena merupakan keluarga miskin dan rentan yang terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) yang sangat terdampak pandemi Covid-19. 

”Sebanyak 16.988 Peserta PKH di Lampung Barat akan mendapatkan BSB dari Kementerian Sosial (Kemensos) RI dengan penyaluran  harus sudah selesai bulan ini. Teknis penyalurannya nantinya disalurkan oleh pihak Bulog Liwa langsung ke pekon-pekon, dengan pengawasan penyaluran akan dilakukan oleh Dinsos melalui pendamping PKH,” pungkasnya. (nop/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: