Jelang Musim Tanam, Bupati Lamtim Buka Pintu Air Irigasi

Jelang Musim Tanam, Bupati Lamtim Buka Pintu Air Irigasi

Medialampung.co.id - Bupati Lampung Timur M.Dawam Rahardjo berharap para petani dapat memanfaatkan air dengan optimal. 

Hal itu disampaikan Dawam Rahardjo dalam acara pembukaan pintu air (buka banyu) irigasi di KBH 13 Desa Sidodadi Kecamatan Sekampung, Selasa (5/10).

"Semoga dengan dibukanya pintu air irigasi ini para petani dapat mulai mengolah tanah untuk musim tanam I tahun 2021/2022," kata Dawam didampingi Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Verzanita Hasan, Camat Sekampung Suparman dan Kapolsek AKP Yoffi.

Dilanjutkan, dengan telah tersedianya pasokan air irigasi diharapkan pada musim tanam I ini, produksi pertanian khususnya padi sawah di Lamtim akan meningkat.

Namun, Dawam juga berharap para petani yang tergabung dalam Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A) dapat memanfaatkan air dengan optimal sesuai kebutuhan. Selain itu, P3A juga diharapkan ikut merawat dan menjaga pintu air. Itu termasuk membersihkan sampah yang sering menumpuk di pintu air.

Ditambahkan, selain dari Sekampung Sistem dari bendungan Tegineneng Pesawaran. Ke depan sumber irigasi areal pertanian di Lamtim juga akan dipasok dari Bendung Gerak Jabung dan Bendungan Marga Tiga.

"Kedepan diharapkan tidak ada lagi areal persawahan di Lamtim yang mengalami kekurangan air. Kami optimis, Lamtim akan swasembada beras," imbuhnya.

Sementara Kepala UPTD Penyuluh Pertanian Sekampung Utik Sutriasih mengatakan, luas areal pertanian persawahan di Kecamatan Sekampung mencapai 3.789 hektar. Sedangkan, target tanam tahun 2021/2022 seluas 3.788 hektar.

Selain di Kecamatan Sekampung, Dawam juga membuka pintu air irigasi di Kecamatan Batanghari. (wid/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: