Jaringan Internet Tersendat, Kegiatan Belajar Online Terkendala

Jaringan Internet Tersendat, Kegiatan Belajar Online Terkendala

Medialampung.co.id – Sejumlah orang tua siswa mengeluhkan kondisi jaringan telekomunikasi khususnya internet milik Provider di Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), salah satunya di Kecamatan Pesisir Selatan. Pasalnya, ketika kondisi listrik PLN terjadi pemadaman, maka berdampak pada tersendatnya jaringan internet.

Padahal, hingga kini seluruh siswa tingkat SMA sederajat dan mahasiswa dalam masih melakukan kegiatan belajar di rumah atau pembelajaran dirumah dengan sistem online melalui jaringan internet sebagai upaya pencegahan penyebaran virus corona (Covid-19) oleh Pemerintah.

Karena itu jika jaringan internet tersendat, menjadi kendala bagi siswa untuk mengerjakan tugas. Hal itu diungkapkan salah satu warga Pekon Bangun Negara, Arif Sentosa, yang juga salah satu orangtua mahasiswa, Senin (13/4).

Menurutnya, di Pesisir Selatan hingga kini kerap terjadi pemadaman listrik PLN pada siang dan malam hari, karena itu dengan adanya pemadaman listrik PLN itu, maka jaringan internet di wilayah tersebut melalui menara telekomunikasi milik beberapa provider tidak berfungsi maksimal.

“Sehingga kondisi itu anak-anak mengerjakan tugasnya harus keluar rumah untuk mencari sumber sinyal internet, bahkan hingga keluar wilayah kecamatan seperti Kecamatan Ngambur dan lainnya,” jelasnya.

Karena itu, pihaknya berharap agar ada perhatian dari Pemkab setempat mengenai kondisi tersebut, baik terkait dengan persoalan listrik PLN yang sering padam maupun persoalan jaringan internet yang kerap tersendat, sehingga selama pembelajaran di rumah secara online tersebut tidak lagi menjadi kendala bagi anak-anak.

Karena jika terus mengalami gangguan tersebut tentu pihaknya sangat khawatir dan akan berdampak pada tugas anak-anak yang tidak selesai.

“Kondisi itu jelas sangat berdampak bagi anak-anak, terlebih setiap harinya anak-anak banyak mengerjakan tugas yang harus diselesaikan secara online,” ungkapnya. 

Sementara itu, hingga berita ini diturunkan Plt. Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Pesbar, Drs. Miswandi Hasan, M.Si., belum berhasil dikonfirmasi terkait dengan gangguan jaringan internet pada menara telekomunikasi milik Provider yang sering mengalami gangguan itu. Dihubungi melalui sambungan ponselnya di nomor 081272685xxx meski aktif namun tidak menjawab.

Di Tempat terpisah, Manager PT. PLN Rayon Liwa, Achmad Royhan, mengatakan hingga kini pihaknya masih terus berupaya semaksimal mungkin untuk mengurangi pemadaman listrik, seperti dengan penebangan pohon di sekitar jaringan listrik PLN karena sebagian besar gangguan diakibatkan oleh pohon yang berada di sekitar jaringan listrik tersebut. Karena itu diharapkan kepada masyarakat agar dapat memberikan izin untuk penebangan pohon di sekitar jaringan listrik, dan bersama-sama menjaga agar tidak menanam pohon disekitar ataupun di bawah jaringan listrik.

“Yang jelas saat ini kita tetap berupaya untuk mengurangi pemadaman listrik PLN, termasuk di wilayah Pesisir Selatan itu,” pungkasnya.(yan/d1n/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: