Jaga Kesehatan Ginjal, Kenali Fungsinya bagi Tubuh

Jaga Kesehatan Ginjal, Kenali Fungsinya bagi Tubuh

Medialampung.co.id - Ginjal merupakan salah satu organ yang sangat penting bagi tubuh. Kerusakan dan penurunan fungsi ginjal bisa menimbulkan berbagai masalah, bahkan dapat menimbulkan komplikasi. Penting untuk mengenali gejala awal penyakit ginjal, agar tidak terlambat dalam menanganinya.

Pakar kesehatan dari PB Perhimpunan Nefrologi Indonesia (PB PERNEFRI), dr. Aida Lydia, PhD., SpPD-KGH mengatakan, ginjal sangat berperan penting bagi tubuh. Salah satu fungsinya adalah mengatur kesimbangan cairan tubuh dan elektrolit darah.

"Ginjal mengeluarkan limbah (sisa-sisa) metabolisme tubuh, seperti ureum, kreatin. Dan sekitar 100-125 ml/menit darah masuk ke ginjal untuk dibersihkan. Dan limbah dari metabolisme tersebut dibuang melalui air seni (urine). Lalu untuk Mengatur keseimbangan cairan tubuh dan elektrolit darah," jelas dr Lydia.

Lydia pun menambahkan, fungsi ginjal yang lain adalah organ untuk pembuat hormon, seperti membuat sel darah merah, menjaga kesehatan tulang dalam tubuh dan mengatur tekanan darah.

Jadi jangan lupa ya detikers untuk menjaga kesehatan, terutama untuk menjaga kesehatan jantung. (detik/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: